detikNews
Senin 24 Juni 2019, 10:27 WIB

Houthi Kembali Serang Bandara Arab Saudi, 1 Warga Sipil Tewas

Rita Uli Hutapea - detikNews
Houthi Kembali Serang Bandara Arab Saudi, 1 Warga Sipil Tewas Foto: REUTERS/Faisal al Nasser
Riyadh - Kelompok pemberontak Houthi di Yaman kembali melancarkan serangan ke bandara sipil di Arab Saudi bagian selatan. Serangan itu menewaskan seorang warga sipil berkebangsaan Suriah dan melukai tujuh warga sipil lainnya.

"Serangan teroris oleh milisi Houthi yang didukung Iran terjadi di bandara internasional Abha, yang ribuan penumpang sipil melintas setiap hari," demikian disampaikan koalisi militer yang dipimpin Saudi.

"Seorang warga Suriah tewas dan tujuh warga sipil luka-luka," imbuh koalisi dalam statemen yang diberitakan kantor berita Saudi Press Agency seperti dilansir dari AFP, Senin (24/6/2019).


Koalisi Saudi tidak memberikan keterangan detail mengenai bagaimana bandara tersebut diserang. Namun bulan ini Houthi telah berulang kali menyerang bandara sipil Saudi tersebut dengan drone dan rudal.

Sementara itu otoritas bandara Abha menyatakan dalam postingan di Twitter bahwa usai serangan pada Minggu (23/6) waktu setempat itu, lalu lintas udara di bandara tersebut telah kembali dilanjutkan dan berfungsi dengan normal.


Sebelumnya pada Minggu (23/6) waktu setempat, media Al-Masirah TV yang dikelola Houthi melaporkan bahwa kelompok tersebut telah menyerang bandara Abha dan Jizan dengan drone.

Pada 12 Juni lalu, serangan rudal Houthi ke bandara Abha telah melukai 26 warga sipil, hingga memicu peringatan koalisi Saudi akan adanya "aksi tegas" sebagai pembalasan terhadap Houthi.



(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com