detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 19:35 WIB

Tragis! Diserang Gajah Liar, Petani Thailand Tewas Tertusuk Gading

Novi Christiastuti - detikNews
Tragis! Diserang Gajah Liar, Petani Thailand Tewas Tertusuk Gading Ilustrasi (AFP Photo/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT)
Bangkok - Seorang petani muda di Thailand tewas usai diserang seekor gajah liar. Untungnya, istri petani ini berhasil selamat dari serangan itu.

Seperti dilansir AFP, Jumat (21/6/2019), insiden mengenaskan ini terjadi saat petani bersama istrinya sedang sedang berkemah di sebuah taman nasional yang ada di wilayah Provinsi Buriram bagian utara, Thailand. Identitas si petani dan istrinya tidak disebut lebih lanjut, hanya disebut usia si petani 26 tahun.

Dituturkan kepala kepolisian setempat, Chalit Sudachan, kepada AFP bahwa insiden ini terjadi saat tiga ekor gajah liar yang sedang mencari makanan, tiba-tiba mendatangi petani itu dan istrinya yang sedang tidur di dalam sebuah tenda di area taman nasional setempat.


Istri petani itu bersembunyi di bawah sebuah truk yang diparkir tak jauh dari lokasi serangan. Namun sayangnya si petani tidak bisa menyelamatkan diri. Dia diserang salah satu gajah liar saat berlari. Chalit menyebut petani itu tewas terkena gading sang gajah liar.

"Dia (petani-red) tertusuk satu kali oleh gading gajah dari bagian depan ... gading itu menancap hingga ke punggungnya, menewaskannya seketika," sebut Chalit.

Diketahui bahwa gajah merupakan binatang nasional Thailand. Gajah-gajah dibiarkan bebas dan hidup di alam liar di sebagian wilayah Thailand.


Namun jumlahnya dilaporkan menyusut ke angka 2.700 ekor, dari tadinya yang mencapai 100 ribu ekor pada masa puncak tahun 1850 silam.

Aktivitas penggundulan hutan dan hilangnya habitat alami memaksa populasi gajah liar bergerak lebih dekat untuk berjumpa manusia dalam beberapa dekade terakhir. Akibatnya, insiden bentrok antara gajah liar dengan warga desa dan petani lokal kini sering terjadi.


(nvc/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com