detikNews
Jumat 21 Juni 2019, 09:59 WIB

Bus Terjun ke Jurang Sedalam 150 Meter di India, 44 Orang Tewas

Novi Christiastuti - detikNews
Bus Terjun ke Jurang Sedalam 150 Meter di India, 44 Orang Tewas Bus berakhir di sungai yang ada di dasar jurang (Photo by STR/AFP)
New Delhi - Sebuah bus jatuh ke jurang sedalam 150 meter di area pegunungan Himachal Pradesh, India. Sedikitnya 44 orang tewas dalam kecelakaan maut ini.

Dituturkan otoritas setempat, seperti dilansir AFP, Jumat (21/6/2019), saat kecelakaan terjadi pada pada Kamis (20/6) waktu setempat, bus ini sedang membawa penumpang yang melebihi kapasitas. Bus ini tergelincir di jalanan dan terjatuh ke dalam jurang sedalam 150 meter di distrik Kullu, Himalaya sebelah utara.

Otoritas setempat awalnya menyatakan bahwa sedikitnya 25 orang tewas dalam kecelakaan ini, namun kemudian menambahkan 19 orang lainnya meninggal akibat luka-luka yang dideritanya.


Sekitar 28 orang lainnya mengalami luka-luka dan sedang menjalani perawatan medis.

Kepala Kepolisian Kullu, Shalini Agnihotri, menuturkan kepada AFP bahwa para korban luka dilarikan ke sejumlah rumah sakit terdekat.

Kebanyakan korban merupakan wanita yang baru pulang kerja dan anak-anak yang pulang sekolah.

Relawan dan petugas berupaya menyelamatkan para korban dalam kecelakaan maut iniRelawan dan petugas berupaya menyelamatkan para korban dalam kecelakaan maut ini Foto: Photo by STR/AFP

Laporan menyebut bus itu membawa lebih dari 60 orang, dengan sebagian besar naik hingga di bagian atap bus. Sopir bus itu hilang kendali saat melewati belokan tajam. Bus terguling di lereng gunung yang curam sebelum berakhir di sungai setempat.

Foto-foto dari lokasi kejadian menunjukkan bus yang ringsek di dasar jurang. Para relawan dan petugas penyelamat membentuk rantai manusia untuk membantu korban selamat menyeberangi sungai.

Agnihotir menyatakan bahwa penyelidikan tengah dilakukan untuk mencari penyebab kecelakaan maut ini.


Wilayah Himachal Pradesh dikenal sangat rawan dilanda kecelakaan, terutama karena bentuk datarannya yang kasar. Para pengemudi yang gemar mengebut dan seringkali bus-bus membawa penumpang melebihi kapasitas serta minimnya standar keselamatan juga turut berkontribusi.

Pada April lalu, sedikitnya 15 orang tewas setelah bus yang mereka tumpangi jatuh ke jurang setempat. Catatan menyebut sekitar 150 ribu orang di India tewas dalam kecelakaan lalu lintas setiap tahunnya.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed