detikNews
Rabu 19 Juni 2019, 02:35 WIB

Kereta Shinkansen Jepang Beroperasi Normal Kembali Usai Gempa M 6,7

Eva Safitri - detikNews
Kereta Shinkansen Jepang Beroperasi Normal Kembali Usai Gempa M 6,7 Foto: Dok. REUTERS/Toru Hanai
Jakarta - Sejumlah fasilitas umum di Jepang seperti kereta cepat Shinkansen sempat berhenti beroperasi akibat gempa berkekuatan magnitudo 6,7 yang mengguncang beberapa wilayah. Kini seluruh fasilitas umum termasuk Shinkansen beroperasi normal kembali.

Dilansir dari media Jepang nhk, Rabu (19/6/2018) jalur kereta cepat Shinkansen sudah dibuka kembali setelah jalur ditutup sebagian akibat gempa bumi M 6,7. Dalam keterangannya, salah seorang pejabat di perusahaan kereta cepat Jepang (East Japan Railway Company) memastikan jika kereta Shinkansen telah beroperasi normal kembali.

Jadwal kereta pun kembali normal pada hari Rabu waktu setempat, kecuali jika ada kerusakan rel dan fasilitas lainnya akibat gempa.
Sebelumnya dilansir dari Japan Times, telah terjadi gempa M 6,7 pada Selasa (18/6) pukul 22.22 waktu setempat di lepas pantai Prefektur Yamagata membuat Badan Meteorologi mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah pesisir Prefektur Yamagata dan Niigata dan daerah Noto di Prefektur Ishikawa. Badan Meteorologi sempat memperkirakan akan terjadi tsunami dengan tinggi 1 meter.

Laporan pun mengatakan tsunami dengan tinggi 10 cm telah terjadi di pelabuhan Niigata tepat setelah tengah malam. Namun beberapa saat kemudian Badan Meteorologi Jepang mencabut peringatan tsunami di wilayah Prefektur Yamagata, Niigata, dan Ishikawa pada Rabu (19/6) pukul 1.02 pagi waktu setempat.

Akibatnya fasilitas umum sempat dihentikan. Termasuk pengoperasian kereta cepat Joetsu dan Thohoku Shinkansen.
(eva/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed