detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 23:30 WIB

Tsunami Kecil Dilaporkan Terjadi Usai Gempa M 6,8 di Jepang

Danu Damarjati - detikNews
Tsunami Kecil Dilaporkan Terjadi Usai Gempa M 6,8 di Jepang Foto: Internet
Tokyo - Usai diguncang gempa bermagnitudo 6,8, terjadi tsunami kecil di Jepang. Tsunami itu dilaporkan hanya setinggi beberapa centimenter saja.

Dilansir NHK, Selasa (18/6/2019), laporan terjadinya tsunami itu disampaikan oleh Sekretaris Kabinet Utama Jepang, Yoshihide Suga.

Suga menjelaskan pemerintah telah menerima laporan adanya korban luka ringan akibat gempa itu. Tak ada laporan kebakaran yang terjadi akibat gempa.


Tak ada pula longsor besar, kerusakan jalan, atau rumah roboh akibat guncangan itu. Namun, 7.800 rumah di prefektur Yamagata dan Niigata dalam kondisi tanpa daya.

Informasi soal magnitudo gempa berbeda-beda. Reuters awalnya memberitakan gempa ini bermagnitudo 6,5, kemudian diperbaharui menjadi M 6,8. Japan Times menuliskan gempa ini berkekuatan M 6,7.


Gempa itu mengguncang Prefektur Yamagata dan Niigata pada Selasa malam, sekitar pukul 22.22 waktu setempat. Peringatan tsunami telah diterbitkan sesaat setelah gempa terjadi, peringatan tersebut berlaku untuk kawasan pantai Yamagata, Niigata, dan Noto di Prefektur Ishikawa.

Dilansir The Japan Times, tsunami terjadi setinggi 10 cm di pelabuhan Niigata usai tengah malam. Badan Metereologi Jepang telah mencabut peringatan tsunami pukul 1.02 dini hari.


(dnu/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed