detikNews
Selasa 18 Juni 2019, 09:38 WIB

Gempa Magnitudo 6 Guncang China, 11 Orang Tewas dan 122 Terluka

Rita Uli Hutapea - detikNews
Gempa Magnitudo 6 Guncang China, 11 Orang Tewas dan 122 Terluka Foto: Zainal Abidin
Beijing - Gempa dengan kekuatan 6 magnitudo mengguncang China barat daya dan menewaskan 11 orang. Sebanyak 122 orang lainnya luka-luka akibat gempa tersebut.

Pusat Jaringan Gempa Bumi China menyatakan seperti dilansir dari kantor berita AFP, Selasa (18/6/2019), gempa tersebut mengguncang pinggiran kota Yibin di provinsi Sichuan pada Senin (17/6) malam waktu setempat pada kedalaman 16 kilometer.

Kantor berita resmi China, Xinhua melaporkan, sebuah hotel dekat pusat gempa hancur akibat gempa ini. Namun belum diketahui mengenai adanya korban dalam insiden itu.


Media pemerintah CCTV menayangkan rekaman para petugas penyelamat mengeluarkan seorang penyintas dari balik reruntuhan bangunan. Gambar lainnya memperlihatkan seorang wanita sedang diangkat dari balik reruntuhan.

Pemerintah kota Yibin menyatakan, delapan orang tewas di Changning County dan tiga orang lainnya tewas di Qixian County akibat gempa ini. Wilayah tersebut juga dilanda setidaknya empat gempa susulan, dengan yang terbesar bermagnitudo 5,1.



Xinhua melaporkan, lebih dari 300 pemadam kebakaran telah dikerahkan ke lokasi gempa. Para personel penyalamat juga dikerahkan bersama sekitar 5 ribu tenda dan barang-barang darurat lainnya.

Gempa kerap mengguncang Sichuan yang pernah dilanda gempa dahsyat dengan magnitudo 7,9 pada tahun 2008 yang menyebabkan sekitar 87 ribu orang tewas atau hilang.

Pada Februari lalu, tiga gempa mengguncang wilayah Rongxian di Provinsi Sichuan dan menewaskan 2 orang. Sebanyak 12 orang lainnya luka-luka dalam gempa itu.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed