detikNews
Senin 17 Juni 2019, 19:44 WIB

Pertama dalam 14 Tahun, Presiden China Kunjungi Korut Pekan Ini

Novi Christiastuti - detikNews
Pertama dalam 14 Tahun, Presiden China Kunjungi Korut Pekan Ini Pemimpin Korut Kim Jong-Un sudah empat kali berkunjung ke China sejak tahun lalu untuk bertemu Presiden Xi Jinping, yang akan membalas kunjungannya pekan ini (KCNA/via Reuters)
Beijing - Presiden China, Xi Jinping, akan berkunjung ke Korea Utara (Korut) pekan ini. Kunjungan ini akan menjadi yang pertama bagi seorang Presiden China selama lebih dari satu dekade terakhir.

Seperti dilaporkan televisi nasional, CCTV dan dilansir AFP, Senin (17/6/2019), Presiden Xi akan mengunjungi Pyongyang untuk pertama kalinya pada Kamis (20/6) dan Jumat (21/6) nanti. Kunjungan ini, sebut CCTV, dilakukan atas undangan langsung pemimpin Korut Kim Jong-Un.

"Kedua pihak akan saling bertukar pandangan soal situasi Semenanjung (Korea) dan mendorong perkembangan baru dalam resolusi politik untuk isu Semenanjung," demikian sebut CCTV dalam laporannya seperti dilansir Reuters.


Diketahui, China dan Korut tengah berupaya meningkatkan hubungan sejak tahun lalu. Sebelum itu, hubungan kedua negara sempat memburuk karena China mendukung serangkaian sanksi-sanksi PBB untuk Korut terkait aktivitas nuklirnya.

Sepanjang tahun 2018, Kim Jong-Un sudah empat kali berkunjung ke China untuk bertemu Presiden Xi. China sendiri merupakan satu-satunya sekutu besar Korut.

Laporan CCTV menyatakan kunjungan Presiden Xi ke Korut ini akan menjadi kunjungan pertama seorang Presiden China dalam 14 tahun terakhir. Terakhir kalinya, Presiden Xhina Hu Jintao berkunjung ke Korut tahun 2005 lalu.


Kunjungan Presiden Xi ke Korut ini dilakukan satu pekan sebelum pertemuan G20 di Jepang, di mana Presiden Xi diharapkan akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk membahas perang dagang kedua negara.


(nvc/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed