detikNews
Sabtu 15 Juni 2019, 14:17 WIB

Kapal China Tabrak Kapal Nelayan Filipina di Laut China Selatan

Rita Uli Hutapea - detikNews
Kapal China Tabrak Kapal Nelayan Filipina di Laut China Selatan Laut China Selatan (Foto: Reuters/Ritchie B. Tongo)
Beijing - Beijing mengkonfirmasi bahwa sebuah kapal penangkap ikan dari China telah menabrak sebuah kapal nelayan Filipina di perairan sengketa Laut China Selatan. Namun Beijing membantah klaim pemerintah Filipina yang menyebut insiden itu sebagai "tabrak lari".

Kapal penangkap ikan China langsung meninggalkan lokasi setelah insiden tabrakan dengan kapal nelayan Filipina di dekat Reed Bank pada Minggu (9/6) lalu. Hal itu memicu kemarahan otoritas Filipina. Tabrakan itu menyebabkan kapal nelayan Filipina tenggelam.

Kedutaan Besar China di Manila, Filipina mengatakan bahwa kapal Yuemaobinyu 42212 menabrak kapal nelayan Filipina dan kemudian pergi karena khawatir akan keselamatan mereka.


"Kapten China mencoba menyelamatkan para nelayan Filipina, namun takut dikepung oleh kapal-kapal nelayan Filipina lainnya," demikian statemen Kedutaan China seperti dilansir dari kantor berita AFP, Sabtu (15/6/2019).

Ditegaskan kedutaan, insiden tersebut bukan tabrak lari seperti yang diklaim oleh otoritas Filipina, karena kapal China "mengkonfirmasi para nelayan dari kapal Filipina telah diselamatkan".

Namun 22 nelayan Filipina menceritakan versi berbeda. Mereka mengaku berada berjam-jam di lautan menunggu bantuan, sampai akhirnya mereka ditolong oleh sebuah kapal Vietnam dan dibawa pulang dengan kapal Angkatan Laut Filipina.


Juru bicara Presiden Filipina Rodrigo Duterte menyebut insiden itu "keterlaluan dan barbar". Otoritas Penjaga Pantai Filipina telah memulai penyelidikan atas insiden tersebut.

Duterte sendiri belum membuat pernyataan mengenai insiden itu. Namun belum lama ini dia mengkritik sikap tegas pemerintah China atas Laut China Selatan.

"Saya mencintai China ... tetapi kita perlu bertanya, 'Apakah benar suatu negara mengklaim seluruh lautan?'" cetus Duterte dalam sebuah pidato bulan lalu.


Tonton juga video Tentang Codeshare dan Hoax China Airlines Layani Jakarta-Makassar:

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed