detikNews
Sabtu 15 Juni 2019, 05:24 WIB

Makan Sandwich Rumah Sakit, Dua Warga Inggris Tewas

Tsarina Maharani - detikNews
Makan Sandwich Rumah Sakit, Dua Warga Inggris Tewas Ilustrasi/Foto: Thinkstock
Inggris - Dua warga Inggris meninggal dunia karena keracunan makanan setelah mengonsumsi sandwich dan salad prakemasan. Menurut keterangan keduanya meninggal karena listeriosis, yaitu infeksi bakteri langka yang sangat berbahaya bagi orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah atau wanita hamil.

Dikutip dari AFP, Sabtu (15/6/2019), hingga Jumat (14/6), sudah ada 3 orang yang dinyatakan tewas di rumah sakit di Inggris akibat listeriosis. Menurut National Health Service (NHS) Inggris, bakteri listeria terutama berkembang dalam produk susu dan makanan siap saji.


Sumber infeksi ini dilaporkan berasal dari produk yang dipasok oleh The Good Food Chain. Sandwich dan salad yang terpapar bakteri telah ditarik dari rumah sakit.

"Sampai saat ini, belum ada pasien yang terkait dengan kejadian ini di luar organisasi kesehatan, tetapi kami terus menyelidiki," kata Wakil Kepala National Infection Service, Nick Phin.


"Tindakan cepat diambil untuk melindungi pasien dan risiko apa pun untuk publik rendah," imbuh dia.

The Good Food Chain memasok makanan untuk 43 mitra NHS, yang biasanya merupakan grup dari sejumlah rumah sakit di seluruh Inggris. Mereka mendapatkan pasokan daging dari North Country Cooked Meats, yang kemudian diketahui mendapatkan hasil positif untuk jenis wabah listeria.
Makan Sandwich Rumah Sakit, Dua Warga Inggris Tewas

(tsa/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed