DetikNews
Rabu 12 Juni 2019, 20:56 WIB

Kasihan! 2 Jerapah di Taman Safari AS Mati Tersambar Petir

Novi Christiastuti - detikNews
Kasihan! 2 Jerapah di Taman Safari AS Mati Tersambar Petir Foto: Lion Country Safari Park/Facebook via CNN
Florida - Sungguh tragis! Dua jerapah di sebuah taman safari di Florida, Amerika Serikat (AS) mati setelah tersambar petir. Insiden ini memicu pengkajian ulang terhadap standar keselamatan binatang di taman safari tersebut.

Seperti dilansir AFP dan CNN, Rabu (12/6/2019), dua ekor jerapah itu dilaporkan mati seketika usai terkena sambaran petir. Insiden itu terjadi bulan lalu, namun baru diumumkan ke publik pekan ini oleh otoritas taman safari tersebut.

"Kami sangat sedih untuk mengabarkan kematian dua jerapah kami karena sambaran petir," demikian pernyataan Lion Country Safari Park via akun Facebooknya.


Dituturkan pihak Lion Country Safari Park bahwa kabar kematian dua jerapah itu baru disampaikan pekan ini untuk memberikan penghormatan terakhir dan menunggu hasil tes patologi. Kedua jerapah itu merupakan bagian dari 18 ekor jerapah yang ada di taman safari yang berlokasi di Loxahatchee, Miami, Florida itu.

"Lily dan Jioni ada di padang rerumputan yang menjadi habitat mereka ketika badai petir parah dengan cepat muncul sekitar enam minggu lalu. Hasil pemeriksaan patologi beberapa waktu terakhir, mengonfirmasi bahwa jerapah-jerapah itu mati karena petir dan kematian mereka seketika," sebut Lion Country Safari Park.

Disebutkan juga oleh pihak Lion Country Safari Park bahwa jerapah-jerapah itu memiliki akses ke 'banyak tempat penampungan di habitat' tersebut.


Juru bicara Lion Country Safari Park, Haley Passeser, menuturkan kepada media lokal WPBF, afiliasi CNN, bahwa fasilitas taman safari memiliki sistem pendeteksi petir. Para pekerja mengoperasikan standar protokol dan membuka area penampungan atau shelter saat badai menerjang.

Namun mereka tidak bisa memaksa binatang-binatang itu masuk ke shelter yang disediakan.

"Kami berupaya memberikan banyak pilihan kepada binatang-binatang itu. Jika binatang-binatang itu tidak memilih masuk ke shelter, tidak ada banyak hal lainnya yang bisa kami lakukan untuk mendorong mereka," ucap Passeser.


Lebih lanjut, Lion Country Safari Park menyatakan bahwa pihaknya tengah mengkaji kebijakan dan prosedur keamanan mereka. Para pakar dilibatkan untuk menciptakan lingkungan lebih aman bagi binatang-binatang di taman safari itu.

"Itu sangat tragis, dampak alami, insiden alami, dan sangat menyedihkan bagi staf kami dan kami masih berduka," imbuh Passeser.

Pakar meteorologi CNN, Taylor Ward, mengatakan besar kemungkinan bahwa satu sambaran petir untuk menewaskan dua jerapah itu, karena arus listrik menghantam tanah dan bergerak keluar. Namun kecil kemungkinan bagi dua jerapah itu terkena sambaran petir secara terpisah.


(nvc/dnu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed