detikNews
2019/06/10 21:02:08 WIB

Round-Up

Kontroversi Dokter Muda Malaysia

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kontroversi Dokter Muda Malaysia Christopher Kwan Chen Lee alias dr Lee (HardwareZone via The Guardian)
Sydney - Dokter muda asal Malaysia ini punya perangai buruk. Kalimat kotor mudah sekali dia bikin, termasuk soal perempuan dan bencana gempa bumi Palu, Sulawesi Tengah. Walhasil, dokter ini dipecat dari tempatnya bekerja.

Christopher Kwan Chen Lee, atau biasa disebut sebagai dr Lee, adalah pria usia 31 tahun. Dia meraih gelar dokternya dari University of Melbourne pada 2012. Dia sempat bekerja di RS Box Hill Hospital. Namun komentarnya soal perempuan seolah tak mencerminkan latar belakang pendidikan dan profesinya.

Dilansir ABC Australia, Senin (10/6/2019), dr Lee sangat aktif di forum obrolan daring Singapura, HardwareZone yang dimiliki Singapore Press Holding. Dia menyebut dirinya sebagai 'dokter kampung' yang juga bisa berkata-kata kotor.



"Saya seorang praktisi medis. Saya juga memiliki mulut busuk dan bicara apa adanya," kata dr Lee dalam salah satu komentar yang diajukan dalam peradilan di Tasmania. "Saya bisa juga dengan gampang mengumpat ibumu sebagai pelacur," begitu pula kalimat tak pantas dari dia.

Dia berkali-kali menyerukan kalimat bernada misoginis, yakni mengandung kebencian terhadap perempuan. Sebagian perempuan disebutnya pantas diperkosa.

"Sejumlah wanita memang layak diperkosa, dan wanita jalang congkak itu memang cocok diperkosa," demikian tulisan dia menjawab komentar akun lain di forum obrolan internet.



Lee disidang oleh Peradilan Praktisi Kesehatan di Tasmania pada 17 April. Pernyataan-pernyataan kotornya di internet ditampilkan di persidangan dan dijadikan bukti oleh Badan Regulasi Praktisi Kesehatan Australia (AHPRA). Komentar-komentar yang diajukan sebagai bukti semuanya berasal dari periode akhir 2016. Namun postingan vulgar lainnya tetap muncul dengan menggunakan nama samarannya di tahun-tahun berikutnya.

Dalam postingan terpisah pada forum online tersebut, Lee menulis komentar berbunyi, "Wanita Singapura adalah beberapa wanita yang paling materialistis, manja dan merasa paling benar yang akan Anda temui di mana saja." Pada postingan lainnya, Lee menggambarkan wanita China sebagai, "binatang yang kejam, penuh perhitungan."
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed