detikNews
Kamis 06 Juni 2019, 12:54 WIB

Mediasi Ketegangan AS-Iran, PM Jepang Kunjungi Iran Pekan Depan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Mediasi Ketegangan AS-Iran, PM Jepang Kunjungi Iran Pekan Depan Foto: PM Jepang Shinzo Abe (REUTERS/Athit Perawongmetha)
Teheran - Perdana Menteri (PM) Jepang, Shinzo Abe berencana berkunjung ke Iran pekan depan. Kunjungan setelah hampir 4 dekade itu dengan harapan untuk memediasi ketegangan antara Washington dan Teheran.

Dilansir AFP, Kamis (6/6/2019) seorang pejabat pemerintah mengatakan bahwa Tokyo masih merancang detail, termasuk siapa saja yang akan ditemui oleh Shinzo Abe di sana. Namun, media lokal melaporkan bahwa Abe akan menggelar pertemuan dengan Pemimpin Agung Iran Ayatollah Ali Khamenei dan Presiden Hassan Rouhani.

Agensi berita lokal, Kyodo melaporkan kunjungan itu menjadi kunjungan pertama sejak 41 tahun yang lalu.



Seperti diketahui, saat ketegangan antara Iran dan sekutu utama Jepang Amerika Serikat meningkat, Abe dilaporkan mengusulkan untuk bertindak sebagai perantara dengan secara langsung mengadakan pembicaraan dengan para pemimpin utama Iran.

"Dengan bekerja sama erat antara Jepang dan AS, saya ingin membantu meredakan ketegangan saat ini seputar situasi Iran," kata Abe saat konferensi pers dengan Donald Trump.

Pada akhir Mei lalu, Presiden AS Donald Trump berkunjung ke Tokyo. Dalam kunjungannya, Trump mengatakan terbuka untuk melakukan pembicaraan dengan Teheran yang seakan memberi lampu hijau pada pernyataan Abe.

Jepang dan Iran selama ini telah mempertahankan hubungan yang baik, lantaran Jepang yang miskin sumber daya sangat bergantung pada impor minyak dari Timur Tengah. Meskipun minyak mentah dari Iran menyumbang hanya 5,3 persen dari total impor negara itu pada tahun lalu.


(mae/hri)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed