detikNews
Rabu 05 Juni 2019, 08:58 WIB

Pertama Kali, Palestina Rayakan Idul Fitri di Hari Berbeda dengan Saudi

Haris Fadhil - detikNews
Pertama Kali, Palestina Rayakan Idul Fitri di Hari Berbeda dengan Saudi Bendera Palestina (Foto: Internet)
Gaza - Untuk pertama kalinya sejak 1994, Palestina merayakan Idul Fitri di hari berbeda dengan Arab Saudi. Palestina baru merayakan lebaran hari ini, sementara Saudi sudah merayakan lebaran kemarin.

Dilansir dari AFP, Rabu (5/6/2019), hal ini terjadi karena adanya perbedaan dalam penampakan bulan. Perbedaan itupun menimbulkan pertanyaan dari warga.



Ada warga Palestina yang menyebut perbedaan mungkin terkait politik menjelang rencana AS untuk perdamaian Israel-Palestina. Arab Saudi disebut memiliki hubungan dekat dengan pemerintahan Presiden AS Donald Trump.

Mufti Besar Yerusalem dan wilayah Palestina yang disiarkan media resmi pada Senin malam waktu setempat menegaskan Idul Fitri jatuh pada Rabu (5/6) atau sehari lebih lambat dari Arab Saudi. Iran juga merayakan Idul Fitri hari ini.



Ekrama Sabri, kepala Dewan Islam tertinggi di Yerusalem, mengatakan kepada AFP perbedaan ini pertama kalinya terjadi sejak Otoritas Palestina dibentuk pada tahun 1994.

"Kami di Palestina tidak memiliki alat seperti yang ada di Arab Saudi dan geografi negara kami tidak membantu melihat bulan," ujar Sabri.

Dia membantah ada masalah politik terkait perbedaan ini. Sabri menyebut Mesir yang merupakan sekutu dekat Saudi juga akan merayakan Idul Fitri pada hari Rabu.



Tonton video Opick Buat Dua Lagu untuk Korban di Gaza:

[Gambas:Video 20detik]


(haf/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed