DetikNews
Senin 27 Mei 2019, 04:45 WIB

Pipa Kilang Minyak di Peru Alami Kebocoran Akibat Gempa M 8

Haris Fadhil - detikNews
Pipa Kilang Minyak di Peru Alami Kebocoran Akibat Gempa M 8 Kerusakan akibat gempa peru (Foto: REUTERS/Guadalupe Pardo)
Lima - Perusahaan minyak milik Peru, Petroperu, mengatakan ada kebocoran pada pipa di kilang Talara di pantai Pasifik akibat gempa bermagnitudo 8. Kebocoran yang disebut berukuran kecil itu telah dikendalikan.

Dilansir dari Reuters, Senin (27/5/2019), gempa itu menyebabkan seorang tewas, belasan luka-luka, longsor, dan kerusakan sejumlah bangunan.



Gempa itu disebut jadi yang terbesar yang melanda Peru sejak 2007. Guncangan disebut terasa hingga negara tetangga, Ekuador dan Kolombia.

Presiden Peru Martin Vizcarra mengatakan daerah yang paling terdampak adalah kota Yurimaguas dan Tarapoto. "Pada kenyataannya, itu mempengaruhi semua hutan Peru," kata Vizcarra.

Korban tewas sendiri merupakan pria berusia 48. Dia tewas di wilayah Cajamarca setelah sebuah batu menghantam rumahnya.

Gempa yang pada hari Minggu (26/7) waktu setempat dinilai sebagai salah satu gempa dengan kedalaman menengah, yakni sekitar 110 kilometer. Gempa dengan kedalaman menengah biasanya menyebabkan kerusakan permukaan yang lebih sedikit daripada gempa dangkal.

Gempa itu terjadi sekitar 75 km dari Lagunas dan 180 km sebelah timur kota Moyobamba. Ada laporan lokal tentang pemadaman listrik di kota-kota Iquitos dan Tarapoto, kota-kota Amazon di wilayah Loreto di negara itu.



Gambar dan video yang beredar juga menunjukkan beberapa dinding yang retak dan rusak, rumah bergetar, dan jembatan yang runtuh. Di tetangganya, Ekuador, gempa itu paling kuat di dekat wilayah Amazon Yantzaza, menyebabkan pemadaman listrik sesaat.

Pejabat Ekuador melaporkan setidaknya tujuh orang terluka, serta tanah longsor dan kerusakan kecil pada rumah. Infrastruktur minyak dan pertambangan negara itu disebut secara normal.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed