DetikNews
Sabtu 25 Mei 2019, 16:54 WIB

Iran Klaim Bisa Tenggelamkan Kapal Perang AS dengan 'Senjata Rahasia'

Novi Christiastuti - detikNews
Iran Klaim Bisa Tenggelamkan Kapal Perang AS dengan Senjata Rahasia Ilustrasi
Teheran - Iran mengklaim bisa menenggelamkan kapal-kapal perang Amerika Serikat (AS) yang dikirimkan ke kawasan Teluk Arab. Disebutkan Iran bahwa kapal-kapal perang AS itu bisa ditenggelamkan dengan menggunakan rudal dan 'senjata rahasia' milik mereka.

Seperti dilansir Reuters, Sabtu (25/5/2019), klaim itu disampaikan oleh seorang pejabat militer senior Iran yang dikutip kantor berita Mizan.


Presiden AS Donald Trump, pada Jumat (24/5) waktu setempat, mengumumkan pengerahan 1.500 tentara tambahan ke kawasan Timur Tengah. Pengerahan ini disebut sebagai upaya untuk meningkatkan pertahanan dalam menghadapi ancaman Iran.

"Amerika... mengirimkan dua kapal perang ke kawasan. Jika mereka melakukan sedikit saja kebodohan, kami akan mengirimkan kapal-kapal ini ke dasar lautan bersama awak dan pesawat mereka menggunakan dua rudal atau dua senjata rahasia baru," klaim penasihat komando militer Iran, Jenderal Morteza Qorbani.

Diketahui bahwa AS mengerahkan kekuatan militer secara besar-besaran ke kawasan Timur Tengah, beberapa waktu terakhir. Pengerahan militer itu termasuk pasukan kapal induk AS, sejumlah pesawat pengebom B-52 hingga kapal amfibi dan sistem pertahanan udara rudal-rudal Patriot.


Militer AS menyebut pengerahan itu merupakan langkah defensif dan dimaksudkan untuk merespons potensi ancaman serangan dari Iran.

Sementara itu, menanggapi klaim Iran, sejumlah pengamat negara Barat menyebut Iran kerap melebih-lebihkan kemampuan persenjataannya. Meskipun ada kekhawatiran yang muncul soal program rudal Iran, khususnya rudal balistik jarak jauh.


Tonton video AS-Iran Memanas, Trump Kirim 1.500 Tentara ke Timur Tengah:

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed