detikNews
2019/05/25 04:00:35 WIB

Round-Up

Washington vs Teheran Kian Mencemaskan

Tim detikcom - detikNews
Halaman 2 dari 2
Washington vs Teheran Kian Mencemaskan Foto ilustrasi: Bendera AS dan Iran (Getty Images/AFP)


Bagaimana sikap Iran? Presiden Iran Hassan Rouhani menegaskan bahwa negaranya tidak akan menyerah meskipun dibombardir dan rakyatnya tewas, terluka dan ditangkap.

"Iran tidak akan menyerah [mengejar] tujuan mempertahankan kemerdekaan dan martabatnya bahkan jika dibombardir dan orang-orangnya menjadi martir, terluka, dan ditangkap," kata Rouhani dalam pidatonya di depan para veteran perang di Teheran, seperti dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (24/5/2019).




Rouhani menekankan bahwa selama perang Iran dengan mantan diktator Irak Saddam Hussein pada 1980-an, Republik Islam itu berada di bawah tekanan serangan militer dan pendudukan wilayahnya, tetapi sekarang situasinya lebih kompleks.

Washington vs Teheran Kian MencemaskanFoto ilustrasi: Orang-orang Iran (BBC World)


"Saya secara eksplisit menyatakan bahwa bangsa Iran akan mengalahkan AS, rezim Israel, dan kaum reaksioner regional lewat perlawanan dan persatuan," kata Presiden Iran itu.

Washington dan Teheran sudah semakin tegang, tapi Teheran sudah terlatih untuk tegang. Negara sisa kerajaan Persia ini sudah ahli betul menghadapi yang tegang-tegang. Sampai kapan ketegangan yang mencemaskan ini berganti dengan kelegaan perdamaian?
(dnu/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed