DetikNews
2019/05/07 05:00:27 WIB

Round-Up

Kabar Temaram Menghilangnya Presiden Vietnam

tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Kabar Temaram Menghilangnya Presiden Vietnam Presiden Vietnam, Nguyen Phu Trong. (Foto: BBC World)
Hanoi - Presiden Vietnam, Nguyen Phu Trong tak muncul ke publik dalam tiga pekan terakhir. Trong, yang kini berusia 75 tahun, menghilang sejak jatuh sakit pada 14 April lalu, setelah rapat dengan sejumlah pejabat Provinsi Kien Giang.

Trong juga tanpa alasan absen pada acara pemakaman bekas presiden Vietnam, Le Duc Anh. Ketidakhadiran Trong dalam proses pemakaman pemimpin Perang Vietnam tahun 1975 sampai membuat warga kecewa.

"Saya sungguh kecewa pada media pemerintah. Mereka tidak berkata apapun terkait ketidakhadiran kepala negara dalam seremoni itu," kata seorang warganet, Thanh Lan, di laman Facebook BBC Vietnam.


Nguyen Phu TrongNguyen Phu Trong. (Foto: dok. AFP)


Desas-desus menghilangnya Trong mulai muncul ke publik. Sekretaris Jenderal Partai Komunis Vietnam (CPV) itu disebut sempat dilarikan ke rumah sakit akibat serang stroke ringan.

Koran dan televisi Vietnam, yang beroperasi di bawah kendali pemerintah, memperlihatkan aktivitas publik terakhir Trong, yaitu mengunjungi tambak udang di Kien Giang, dekat perbatasan Kamboja. Namun, sebagian besar masyarakat Vietnam ragu.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed