DetikNews
Sabtu 04 Mei 2019, 09:49 WIB

Korut Kembali Luncurkan Rudal, Pertama dalam Lebih dari Setahun

Rita Uli Hutapea - detikNews
Korut Kembali Luncurkan Rudal, Pertama dalam Lebih dari Setahun Foto: Internet
Seoul - Korea Utara (Korut) kembali menembakkan rudal-rudal jarak pendek ke lautan hari ini. Ini merupakan peluncuran rudal pertama dalam waktu lebih dari satu tahun terakhir seiring Korut meningkatkan tekanan terhadap Amerika Serikat di tengah mandeknya pembicaraan nuklir kedua negara.

Militer Korea Selatan (Korsel) melaporkan bahwa Korut "menembakkan sejumlah rudal jarak pendek dari semenanjung Hodo di dekat kota Wonsan di pantai timur ke arah tenggara mulai pukul 09.06 hingga 09.27 hari ini," kata Kepala Staf Gabungan Korsel (JCS) dalam statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (4/5/2019).

JCS menyatakan, rudal-rudal itu meluncur ke arah Laut Timur, yang juga dikenal sebagai Laut Jepang.




Terakhir kali Korut melakukan peluncuran rudal adalah pada November 2017 lalu.

Peluncuran rudal terbaru ini terjadi sehari setelah Menteri Luar Negeri Korsel Kang Kyung-wha mengatakan Pyongyang hendaknya menunjukkan aksi denuklirisasi yang "nyata, konkret dan substansial jika menginginkan pencabutan sanksi-sanksi.

Washington dan Pyongyang kembali bersitegang sejak gagalnya pertemuan puncak antara pemimpin Korea Utara Kim Jong Un dan Presiden AS Donald Trump pada Februari lalu.


Pembicaraan itu terhenti setelah Korea Utara yang mengalami kesulitan finansial menuntut pencabutan sanksi segera, tetapi kedua belah pihak tidak sepakat pada apa yang harus Pyongyang berikan sebagai imbalan.

Korut tidak melakukan peluncuran rudal ataupun uji coba nuklir tahun lalu, seiring Kim Jong Un menggelar pertemuan bersejarah pertamanya dengan pemimpin-pemimpin AS dan Korsel.


Simak Juga 'Korea Utara Umumkan Tengah Kembangkan Senjata Baru':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed