Penjaga Kebun Binatang di Kansas AS Luka Diserang Harimau Sumatera

Jabbar Ramdhani - detikNews
Senin, 22 Apr 2019 23:20 WIB
Harimau Sumatera di Kebun Binatang Tiepark di Berlin, Jerman (Foto: REUTERS/Fabrizio Bensch)
Kansas - Seorang penjaga Kebun Binatang Topeka di Kansas, Amerika Serikat, diserang seekor harimau Sumatera. Penjaga tersebut mengalami luka di bagian belakang kepala dan lehernya.

Dilansir Reuters, Senin (22/4/2019), juru bicara Kota Topeka, Mollu Hadfield, lewat telepon mengatakan kondisi penjaga tersebut telah stabil setelah mendapatkan penanganan di rumah sakit.


Direktur Kebun Binatang Topeka dan Pusat Konservasi, Brendan Wiley mengatakan penjaga tersebut tengah berada di luar habitat harimau bernama Sanjiv saat peristiwa itu terjadi. Entah bagaimana harimau jantan berusia 7 tahun itu menyerang si penjaga.

"Ada semacam kesalahan yang terjadi di sini," kata Wiley. Dia menambahkan, insiden itu sedang diselidiki.


Beberapa pengunjung juga melihat Sanjiv melukai pekerja itu. Sanjiv menghentikan serangan setelah sekitar 10 menit, anggota staf lain memancing harimau itu ke kandang menggunakan jatah makanannya, kata Wiley.

Kebun binatang ditutup selama 45 menit setelah serangan. Enam harimau, termasuk Sanjiv dan keempat anaknya, disimpan di kandang mereka. Kemudian, semua harimau kecuali Sanjiv kemudian diizinkan kembali ke area pameran di luar ruangan.


Petugas kebun binatang tidak merencanakan tindakan apa pun bagi Sanjiv.

"Sanjiv pagi ini melakukan persis seperti apa yang dilakukan harimau ketika sesuatu masuk ke wilayahnya," kata Wiley.

"Sama sekali tidak ada pertimbangan untuk menidurkan Sanjiv," tambahnya. (jbr/idn)