DetikNews
Minggu 21 April 2019, 17:30 WIB

Paus Fransiskus Pimpin Misa Paskah di Lapangan Santo Petrus Vatikan

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Paus Fransiskus Pimpin Misa Paskah di Lapangan Santo Petrus Vatikan Foto: Paus Fransiskus pimpin misa Paskah di Vatikan (REUTERS/Yara Nardi)
Vatikan - Paus Fransiskus memimpin misa Paskah di Lapangan Santo Petrus, Vatikan pagi ini waktu setempat. Rencananya usai memimpin misa di depan ribuan umat, Paus Fransiskus akan menyampaikan homili dari balkon Basilika Santo Petrus.

Dilansir DW, dalam homili Paskah tahunannya, 'Urbi et Orbi' (bahasa Latin untuk 'ke kota dan ke dunia'), Paus Fransiskus diharapkan untuk memberikan pengampunan atas dosa-dosa. Selain itu, Paus Fransiskus juga diharapkan untuk merefleksikan wilayah-wilayah dunia yang dilanda perang seraya memberikan penghormatan kepada umat Katolik yang mempraktikkan keyakinan mereka di tengah upaya persekusi.

'Urbi et Orbi' biasanya disampaikan di Basilika Santo Petrus di Vatikan pada Natal, Paskah, dan setelah seorang paus baru terpilih.


Paus Fransiskus pimpin misa Paskah di VatikanPaus Fransiskus pimpin misa Paskah di Vatikan (Foto: REUTERS/Yara Nardi)


Pada Paskah, hari raya terpenting dalam kalender Katolik, orang-orang Kristiani memeringati kematian dan kebangkitan Yesus Kristus dengan beberapa upacara khidmat selama beberapa hari. Di antaranya, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Vigili, dan Minggu Paskah.

Sebelumnya, pada Sabtu kemarin, Paus Fransiskus merayakan Vigili di Basilika Santo Petrus di mana dia mendorong umat Katolik untuk menolak mengejar 'kilau kekayaan'. Sementara, pada hari-hari sebelumnya, Paus Fransiskus memimpin prosesi Via Crucis di Colosseum di Roma dan membasuh kaki 12 narapidana di penjara dekat Roma untuk mencerminkan gerakan kerendahan hati Yesus Kristus kepada para muridnya.



Tonton video Ledakan Hantam 3 Gereja di Sri Lanka, Puluhan Orang Tewas:

[Gambas:Video 20detik]


(mae/jor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed