detikNews
Minggu 21 April 2019, 02:00 WIB

Demo Terkait Lingkungan di London Berlanjut, 718 Orang Ditangkap

Haris Fadhil - detikNews
Demo Terkait Lingkungan di London Berlanjut, 718 Orang Ditangkap Aksi demonstrasi terkait lingkungan di London (Foto: Niklas HALLE'N / AFP)
London - Demonstrasi terkait isu-isu lingkungan yang dilakukan kelompok The Extinction Rebellion terus berlanjut di London, Inggris. Setidaknya, ada 718 orang yang telah ditangkap pada hari Sabtu keenam aksi protes ini.

Dilansir dari AFP, Minggu (21/4/2019), para demonstran terus memblokir jembatan Waterloo dan persimpangan Oxford Circus meskipun ada pemindahan oleh polisi dari kapal layar merah muda yang telah menjadi titik fokus gerakan.



Sekitar 28 orang yang terkait demonstrasi itu juga telah didakwa menyebabkan gangguan bagi penumpang di ibu kota Inggris. Protes itu digelar oleh kelompok kampanye Extinction Rebellion, yang didirikan tahun lalu di Inggris oleh para akademisi dan telah menjadi salah satu gerakan lingkungan yang tumbuh paling cepat di dunia.

Para juru kampanye ingin pemerintah mendeklarasikan keadaan darurat iklim dan ekologis, mengurangi emisi gas rumah kaca menjadi nol pada tahun 2025. Mereka juga meminta pemerintah menghentikan hilangnya keanekaragaman hayati dan dipimpin oleh 'majelis warga baru tentang iklim dan keadilan ekologis'.



Polisi telah mencoba untuk mengarahkan protes ke satu situs di London, di Marble Arch di sudut Hyde Park. Tapi, para pengunjuk rasa mengabaikan ancaman penangkapan dan terus memblokir situs lain.

"Kami berusaha sebaik mungkin untuk memberikan bisnis kesempatan untuk kembali ke 'bisnis seperti biasa'," kata polisi.

"Satu hal yang tidak biasa tentang demonstrasi ini adalah kesediaan orang-orang yang berpartisipasi untuk ditangkap dan juga kurangnya perlawanan mereka terhadap penangkapan," sambung pihak kepolisian.

Banyaknya penangkapan telah menciptakan masalah logistik bagi polisi dalam hal ketersediaan ruang sel dan juga sistem peradilan pidana yang lebih luas.
(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed