DetikNews
Kamis 18 April 2019, 19:00 WIB

Pesta Barbeku hingga Picu Kebakaran Hutan, 2 Mahasiswa Didenda Rp 420 M

Novi Christiastuti - detikNews
Pesta Barbeku hingga Picu Kebakaran Hutan, 2 Mahasiswa Didenda Rp 420 M Ilustrasi (Olivier Laban-Mattei/AFP)
Roma - Dua mahasiswa Italia dihukum membayar denda 27 juta Euro (Rp 420 miliar) karena memicu kebakaran hutan. Terungkap dalam pengadilan bahwa pesta barbeku yang digelar dua mahasiswa ini berujung kebakaran hutan dahsyat di wilayah Italia bagian utara.

Seperti dilansir AFP, Kamis (18/4/2019), jaksa setempat menyatakan bahwa dua mahasiswa ini menggelar pesta barbeku bersama teman-teman mereka di dekat Danau Como yang ada di Italia bagian utara pada 30 Desember 2018, untuk merayakan Tahun Baru.

Dua mahasiswa itu tidak disebut identitasnya dan hanya disebut keduanya berusia 22 tahun.


Bara api dari barbeku itu, sebut jaksa, telah memicu kebakaran hutan di dekat lokasi. Temuan penyelidikan oleh otoritas setempat menyatakan kebakaran itu meluas hingga akhirnya menghanguskan kawasan hutan seluas 1.000 hektare.

Bahkan menurut surat kabar lokal, La Repubblica, sejumlah gedung hancur akibat kebakaran tersebut. Dengan salah satu gedung yang dipakai menampung para binatang juga hangus dan semua binatang di dalamnya mati.

Hukuman denda yang sangat besar yang dijatuhkan terhadap dua mahasiswa itu dihitung sesuai dengan formula yang menentukan besaran hukuman finansial dengan didasarkan atas skala kerusakan yang terjadi. Formula ini telah diberlakukan di Italia selama bertahun-tahun.


Tidak diketahui pasti bagaimana dua mahasiswa ini akan membayar denda itu. Pengadilan memerintahkan hukuman denda itu dibayarkan secara gabungan oleh keduanya.


(nvc/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed