DetikNews
Senin 15 April 2019, 15:42 WIB

Temukan Pistol Saat Bermain, Bocah AS Tak Sengaja Tembak Kepalanya

Novi Christiastuti - detikNews
Temukan Pistol Saat Bermain, Bocah AS Tak Sengaja Tembak Kepalanya Na'vaun Jackson (Courtesy Jamilia Land via CNN)
California - Seorang bocah berusia 4 tahun di California, Amerika Serikat (AS) tak sengaja menembak dirinya sendiri di kepala. Insiden ini terjadi saat bocah itu sedang bermain ke rumah temannya di Oakland.

Seperti dilansir CNN, Senin (15/4/2019), balita laki-laki bernama Na'vaun Jackson itu dilarikan ke rumah sakit terdekat dan menjalani perawatan intensif di ICU. Mujur, setelah sempat kritis, nyawa Na'vaun berhasil selamat.

Insiden ini sempat membuat keluarga bocah ini khawatir setengah mati. Sebabnya, keluarga ini telah kehilangan empat anggota keluarga mereka akibat kekerasan bersenjata. Beberapa pekan berlalu setelah insiden 27 Maret ini terjadi, Na'vaun kini dalam kondisi stabil di rumah sakit setempat.


Dituturkan pihak keluarga bahwa Na'vaun sempat terbaring tak berdaya tanpa aktivitas apapun selama seminggu. Bocah itu sengaja ditempatkan dalam keadaan koma yang diinduksi secara medis dan pihak keluarga harus menunggu bagaimana tubuhnya bereaksi setelah koma berakhir.

Pekan ini, saat Na'vaun akhirnya membuka matanya, keluarganya sangat senang dan bersyukur. "Dia bisa bergerak sekarang, dia membuka matanya, dia menguap, dia batuk-batuk, dia menggerakkan tangannya, dia menggerakkan kakinya, sungguh perubahan yang menakjubkan," ucap Ramon Price, kakek Na'vaun, via akun Facebook-nya.

Sejak saat itu, kondisi Na'vaun yang sebelumnya kritis berangsur-angsur stabil dan bocah ini dipindahkan dari ICU. Dituturkan nenek buyut Na'vaun, Jamilia Land, bahwa Na'vaun masih hidup namun mengalami cedera otak permanen yang tidak bisa disembuhkan.

"Kami tetap yakin dan berdoa bahwa semuanya akan berakhir dan dia akan keluar (dari rumah sakit), tapi dengan kondisi luka-lukanya, dia tidak akan pernah sama," imbuh Land dalam pernyataannya.


Senjata api yang digunakan Na'vaun menembak dirinya sendiri merupakan milik teman dari keluarganya, Terrence Wilson. Dilaporkan media lokal KRON4 afiliasi CNN bahwa Wilson sebenarnya dilarang memiliki senjata api karena pernah terjerat kasus pidana sebelumnya.

Namun ternyata Wilson masih memiliki satu pucuk senjata api, yang tidak dikunci dan terisi peluru serta diletakkan di bawah bantalnya. Senjata api itu ditemukan Na'vaun saat bermain ke rumah Wilson dan terjadilah insiden yang tidak diinginkan ini. Terkait insiden ini, kepolisian setempat mendakwa Wilson atas dakwaan kepemilikan senjata api secara ilegal dan dakwaan penganiayaan anak.



(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed