DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 11:37 WIB

Grounded 737 MAX 8, Maskapai Ceko Ikut Tuntut Ganti Rugi Boeing

Rita Uli Hutapea - detikNews
Grounded 737 MAX 8, Maskapai Ceko Ikut Tuntut Ganti Rugi Boeing Foto: Stephen Brashear/Getty Images.
FOKUS BERITA: Ethiopian Airlines Jatuh
Praha - Bertambah lagi maskapai penerbangan yang menuntut ganti rugi kepada Boeing terkait grounded pesawat 737 MAX 8. Maskapai Republik Ceko, Smartwings juga mengambil langkah serupa.

Kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines pada Minggu (10/3) lalu telah mendorong banyak negara di dunia menerapkan larangan terbang Boeing 737 MAX hingga penyebab kecelakaan diketahui.

Usai kecelakaan Ethiopian Airlines, maskapai Smartwings telah mengandangkan tujuh pesawat Boeing 737 MAX 8.

"Kami sedang melihat semua langkah hukum. Kompensasi akan dinegosiasikan dengan Boeing," ujar juru bicara Smartwings, Vladimira Dufkova seperti dikutip kantor berita AFP, Jumat (15/3/2019).


Sebelumnya pada Rabu (13/3) lalu, maskapai Norwegia, Norwegian Air Shuttle menyatakan akan menuntut kompensasi kepada Boeing setelah maskapai low-cost itu mengandangkan 18 pesawat MAX 8-nya. "Kami akan mengirimkan tagihan ke mereka yang membuat pesawat itu," ujar juru bicara maskapai tersebut, Lasse Sandaker-Nielsen seperti dikutip kantor berita AFP, Rabu (13/3/2019).

Sandaker-Nielsen mengatakan bahwa maskapai "seharusnya tidak menderita secara finansial akibat ini."


Sejumlah negara dan maskapai-maskapai dunia telah mengandangkan Boeing 737 MAX 8, dan badan keselamatan penerbangan Uni Eropa menutup wilayah udara Eropa bagi pesawat model baru tersebut usai kecelakaan Ethiopian Airlines. Kecelakaan tersebut merupakan yang kedua kalinya yang melibatkan pesawat tipe sama dalam waktu kurang dari enam bulan.

Sebelumnya pada Oktober 2018, pesawat Boeing 737 MAX 8 milik maskapai Lion Air juga jatuh hanya sekitar 12 menit setelah lepas landas dari Jakarta. Keseluruhan penumpang dan kru pesawat yang berjumlah 189 orang tewas dalam musibah itu.


Saksikan juga video 'Soal Grounded Boeing 737 MAX 8, Jokowi: Keselamatan Nomor 1':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
FOKUS BERITA: Ethiopian Airlines Jatuh
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed