DetikNews
Sabtu 02 Maret 2019, 15:45 WIB

35 Pengungsi Rohingya Ditemukan Terdampar di Pantai Malaysia

Novi Christiastuti - detikNews
35 Pengungsi Rohingya Ditemukan Terdampar di Pantai Malaysia Para pengungsi Rohingya yang terdampar di pantai Malaysia (Photo by ISMAEL KAMALDIN/AFP)
Kuala Lumpur - Sedikitnya 35 pengungsi Rohingya ditemukan terdampar di sebuah pantai di wilayah Malaysia. Rombongan pengungsi Rohingya ini menjadi kelompok pertama yang tiba di Malaysia via lautan dalam setahun terakhir.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Sabtu (2/3/2019), pejabat kepolisian setempat, Nahar Jalaluddin, menurutkan bahwa puluhan pengungsi Rohingya itu ditemukan terdampar di area pantai terpencil di wilayah Perlis pada Jumat (1/3) waktu setempat.

"Mereka sangat lelah, lemah dan kelaparan," sebut Nahar kepada AFP. "Para pengungsi itu, yang terdiri atas pria, wanita dan anak-anak, kini ada dalam tahanan otoritas imigrasi," imbuhnya.

Ditambahkan Direktur Jenderal Departemen Imigrasi Malaysia, Khairul Dzaimee Daud, kepada Reuters bahwa para pengungsi Rohingya itu akan ditahan di markas kantor Urusan Dalam Negeri untuk diselidiki lebih lanjut.


Kepolisian Malaysia dalam pernyataan terpisah menyebut terdapat sembilan anak-anak di antara 35 pengungsi yang terdampar itu. Sedangkan Kepala Kepolisian Perlis, Noor Mushar Mohamad, menuturkan bahwa para pengungsi itu ditemukan dalam kondisi sehat.

Otoritas Malaysia menduga para pengungsi Rohingya itu berlayar dengan kapal dari wilayah Thailand oleh sindikat penyelundup manusia. Mereka dibawa saat malam hari ke dekat wilayah Malaysia lalu diturunkan begitu saja di dekat pantai setempat.

Surat kabar lokal New Straits Times melaporkan bahwa warga desa setempat menemukan para pengungsi itu berlumuran lumpur dan banyak yang menangis.

Ditemukannya rombongan pengungsi Rohingya di Malaysia ini menjadi yang pertama sejak April 2018. Dikhawatirkan akan muncul gelombang baru para pengungsi Rohingya yang diselundupkan oleh sindikat penyelundup manusia via lautan ke kawasan Asia Tenggara.


Beberapa bulan terakhir diketahui bahwa puluhan warga Rohingya, baik dari Myanmar maupun dari kamp pengungsian di Bangladesh, berupaya kabur ke Malaysia dengan kapal. Pasukan keamanan Bangladesh telah mencegat sejumlah kapal yang hendak membawa para pengungsi Rohingya.

Diketahui bahwa 740 ribu warga Rohingya kabur dari Myanmar ke Bangladesh demi menghindari operasi militer Myanmar yang sarat kekerasan pada Agustus 2017. Ratusan ribu pengungsi Rohingya ini bergabung dengan ratusan ribu pengungsi lainnya yang terlebih dulu menghuni kamp-kamp pengungsi di Bangladesh.

Akibatnya, situasi di kamp pengungsian pun semakin padat dan memprihatinkan.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed