DetikNews
Jumat 22 Februari 2019, 18:57 WIB

Gempa Bumi 7,5 M Guncang Perbatasan Peru-Ekuador

Novi Christiastuti - detikNews
Gempa Bumi 7,5 M Guncang Perbatasan Peru-Ekuador Ilustrasi (detikcom/Zainal Abidin)
Quito - Gempa bumi berkekuatan 7,5 Magnitudo mengguncang wilayah perbatasan Peru dan Ekuador. Belum ada laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa bumi ini.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Jumat (22/2/2019), gempa kuat ini mengguncang perbatasan Peru dan Ekuador pada Jumat (22/2) pagi, sekitar pukul 05.17 waktu setempat.

Pusat gempa dilaporkan berada di area yang jarang penduduknya yang berjarak 224 kilometer sebelah timur-tengara Ambato, Ekuador. Atau terletak pada titik 17 kilometer dari kota Montalvo, Ekuador sebelah timur, yang berbatasan dengan Peru.

Titik pusat gempa dilaporkan ada di daratan, tepatnya di kedalaman 132 kilometer dari permukaan Bumi.

Pantauan awal Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) awalnya mencatat gempa itu mencapai kekuatan 7,7 Magnitudo. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik dalam pernyataan terpisah menyatakan tidak ada risiko tsunami yang dipicu oleh gempa kuat itu.

Sejauh ini, otoritas setempat belum menyatakan adanya laporan korban jiwa maupun kerusakan akibat gempa ini.




Salah satu warga Cuenca di Ekuador menyebut getaran gempa dirasakan sangat kuat. Cuenca diketahui berjarak 254 kilometer dari pusat gempa.

Seorang warga lokal lainnya di kota yang sama melaporkan bahwa getaran gempa yang kuat terasa selama 30 detik.

Catatan USGS menyebut kebanyakan gempa bumi besar di wilayah Amerika Serikat terjadi di kedalaman lebih dangkal sekitar 70 kilometer dari permukaan Bumi, atau kurang dari itu.


(nvc/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed