DetikNews
Selasa 22 Januari 2019, 16:43 WIB

Tragis! Turis Tewas Usai Tertimpa Jendela yang Jatuh dari Hotel Hong Kong

Novi Christiastuti - detikNews
Tragis! Turis Tewas Usai Tertimpa Jendela yang Jatuh dari Hotel Hong Kong Turis asal China tewas usai tertimpa jendela hotel di Hong Kong (TVB via Channel News Asia)
Hong Kong - Seorang turis tewas setelah tertimpa jendela yang jatuh dari lantai atas sebuah hotel di Hong Kong. Seorang pegawai hotel sempat ditangkap terkait insiden mengenaskan tersebut.

Seperti dilansir AFP, Selasa (22/1/2019), insiden ini terjadi di Mira Hotel yang terletak di distrik perbelanjaan Tsim Sha Tsui yang sibuk pada Senin (21/1) waktu setempat. Jendela yang menimpa turis itu terjatuh dari lantai 16 saat dibersihkan oleh si pegawai hotel yang ditangkap polisi.

Korban yang diidentifikasi sebagai seorang turis wanita berusia 24 tahun dari China itu sedang berada di trotoar dekat hotel saat tertimpa jendela dari atas. Dia mengalami luka parah dan dilarikan ke rumah sakit setempat, namun nyawanya tidak bisa diselamatkan.

Seorang turis laki-laki yang merupakan teman korban juga ikut tertimpa jendela yang jatuh, namun dia hanya mengalami luka ringan.


Kepolisian setempat kemudian menangkap seorang pegawai hotel yang bertugas membersihkan jendela yang terjatuh. Identitas pegawai hotel itu tidak disebut lebih lanjut, namun diketahui berjenis kelamin wanita.

Pegawai hotel itu ditangkap karena dianggap membiarkan objek jatuh dari gedung dan membahayakan publik. Namun belum diketahui pasti penyebab jendela itu terjatuh saat dibersihkan. Insiden ini memicu kekhawatiran publik karena ternyata jendela bisa terjatuh dari bagian luar sebuah hotel yang modern di kota dengan penuh gedung pencakar langit.

Juru bicara kepolisian setempat menuturkan kepada AFP bahwa pegawai hotel itu dibebaskan setelah membayar jaminan pada Selasa (22/1) waktu setempat. Dia diharuskan wajib lapor ke polisi pada awal Februari.

Penyelidikan insiden ini masih terus berlangsung. Otoritas setempat masih mencari tahu penyebab insiden fatal ini.


Pejabat kepolisian setempat, Chan Ka-ying, menuturkan kepada wartawan setempat bahwa jendela-jendela di hotel tersebut hanya bisa dibuka dengan kunci khusus oleh staf hotel tersebut. "Kami meyakini bahwa petugas pembersih berusaha membuka jendela dan jendela itu tiba-tiba jatuh setelah dia membukanya," sebut Chan.

Mira Hotel sempat menjadi pemberitaan besar tahun 2013 lalu saat whistleblower Edward Snowden menjadikannya sebagai 'tempat persembunyian' selama di Hong Kong, setelah dia melarikan diri dari Amerika Serikat (AS) sambil membawa sejumlah besar informasi soal program pengintaian pemerintah.

Pihak hotel tidak menanggapi insiden jendela jatuh yang memakan korban jiwa itu. Namun laporan media lokal menyebut pihak Mira Hotel berjanji akan bekerja sama dengan otoritas setempat terkait penyelidikan insiden ini.


(nvc/bag)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed