DetikNews
Sabtu 12 Januari 2019, 10:06 WIB

Mantan Pastor AS Divonis Penjara 14 Tahun Atas Kejahatan Seks Anak

Rita Uli Hutapea - detikNews
Mantan Pastor AS Divonis Penjara 14 Tahun Atas Kejahatan Seks Anak Foto: Ilustrasi/Thinkstock
Pennsylvania - Mantan pastor yang mengaku telah melakukan kejahatan seks terhadap anak-anak di negara bagian Pennsylvania, Amerika Serikat, dijatuhi vonis hukuman penjara 14 tahun.

David Poulson (65) telah mengaku bersalah pada Oktober 2018 lalu setelah dituduh melakukan serangan seksual dan percobaan serangan seksual terhadap dua anak laki-laki berumur 8 tahun dan 15 tahun pada tahun 2000-an silam. Pria itu telah menjadi pastor selama empat dekade di Keuskupan Erie.




"Poulson menyerang salah satu korbannya lebih dari 20 kali di dalam pastoran gereja," kata Jaksa Agung PennsylvaniaJosh Shapiro kepada para wartawan seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (12/1/2019).

"Dia membuat korban itu datang mengaku dosa dan mengakui pelecehan itu -- kepada Poulson," imbuh Shapiro.

Pastor tersebut juga menyerang anak laki-laki itu dan berulang kali mencoba menyerang korban lainnya. Poulson baru diskorsing pada tahun 2018, atau delapan tahun setelah keuskupan pertama kali mengetahui tuduhan-tuduhan terhadap dirinya.




Nama Poulson masuk dalam laporan dewan juri Pennsylvania yang dirilis pada Agustus 2018 lalu, yang mengungkapkan tuduhan-tuduhan kredibel terhadap lebih dari 300 tersangka pastor predator dan mengidentifikasi lebih dari 1.000 anak-anak yang menjadi korban kejahatan seks. Dalam banyak kasus, pelanggaran tersebut ditutup-tutupi oleh Gereja Katolik selama puluhan tahun.

Pada Desember 2018 lalu, Jaksa Agung negara bagian Illinois merilis laporan yang menyebutkan bahwa hampir 700 pastor telah dituduh melakukan serangan seksual terhadap anak-anak. Angka ini jauh lebih besar daripada jumlah kasus-kasus yang sebelumnya diungkap otoritas Gereja Katolik.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed