DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 11:29 WIB

Menlu Iran: Kapan dan di Mana pun AS Ikut Campur, Kekacauan Terjadi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Menlu Iran: Kapan dan di Mana pun AS Ikut Campur, Kekacauan Terjadi Foto: Dok. REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo
Teheran - Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif menanggapi pernyataan Menlu Amerika Serikat Mike Pompeo bahwa "ketika Amerika mundur, kekacauan kerap terjadi." Zarif mencetuskan, justru yang terjadi adalah hal yang sebaliknya.

"Kapan pun/di mana pun AS ikut campur, kekacauan, penindasan, dan kebencian mengikuti," kata Zarif dalam cuitan di Twitter, Kamis (10/1) waktu setempat sebagai respons atas pernyataan Pompeo di Mesir seperti dilansir Press TV, Jumat (11/1/2019).

Dalam pidatonya di American University di Kairo, Mesir Pompeo menyebut AS sebagai "kekuatan untuk selamanya" di Timur Tengah, yang bertentangan dengan pengumuman Presiden AS Donald Trump bulan lalu untuk menarik pasukan AS di wilayah itu.




Pompeo pun menuding mantan Presiden AS Barack Obama telah menyebar kekacauan dengan meninggalkan Timur Tengah.

"Kami tahu bahwa ketika Amerika mundur, kekacauan kerap mengikuti. Ketika kami mengabaikan teman-teman kami, kebencian terbangun. Dan ketika kami bermitra dengan musuh-musuh kami, mereka maju," ujar Pompeo.

"Berita baiknya adalah ini: masa rasa malu Amerika yang diakibatkan oleh diri sendiri sudah berakhir. Demikian juga kebijakan-kebijakan yang menghasilkan begitu banyak penderitaan yang tidak perlu. Sekarang tiba awal baru yang nyata," imbuh Pompeo.


Bulan lalu, Trump mengumumkan bahwa dirinya telah memerintahkan para staf untuk melakukan penarikan militer AS secara penuh dan cepat dari Suriah. Meski pelaksanaan penarikan belum jelas, namun itu banyak dipandang sebagai meninggalkan Suriah.

Pompeo menegaskan, penarikan AS dari Suriah bukan "perubahan misi."

"Biar saya perjelas: Amerika tak akan mundur hingga perang melawan teror berakhir," tuturnya. "Untuk bagian kami, serangan-serangan udara kami di wilayah itu akan berlanjut seiring adanya target," imbuhnya.



(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed