DetikNews
Jumat 11 Januari 2019, 01:24 WIB

Niat Hangatkan Tubuh, Wanita dan 2 Anaknya Malah Tewas Mengenaskan

Indra Komara - detikNews
Niat Hangatkan Tubuh, Wanita dan 2 Anaknya Malah Tewas Mengenaskan Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang wanita di Distrik Bajura, Nepal, tewas mengenaskan bersama dua putranya. Ketiganya meninggal dunia saat berniat menghangatkan tubuh di cuaca dingin.

Mengutip dari BBC, Kamis (10/1/2019), ketiganya diduga tewas akibat menghirup asap saat tertidur di dalam gubuk. Selimut di gubuk yang digunakan untuk tidur terbakar sebagian.

"Ibunya ditemukan dengan luka bakar di kakinya," kata polisi kepada kantor berita AFP.

Dua anak yang tewas berusia 12 dan 9 tahun. Tiga jenazah yang ditemukan sudah diserahkan kepada keluarga untuk upacara kematian.

Gubuk yang menjadi lokasi ditemukannya tiga jenazah tersebut dalam sejarahnya biasa digunakan oleh wanita yang sedang mengalami menstruasi atau baru melahirkan. Wanita dipaksa tidur dalam gubuk atau kandang ternak karena dianggap tidak suci.

Wanita juga dilarang menyentuh sapi dan laki-laki. Bahkan tidak diberi makanan sampai dilarang ke toilet. Wanita yang sedang mengalami menstruasi atau baru melahirkan harus menjauh dari desa.

Saat ini, praktik tradisional tidur di gubuk tersebut sudah dilarang di Nepal. Tetapi beberapa masyarakat pedesaan masih ada yang menerapkan metode tersebut.
(idn/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed