detikNews
Sabtu 22 Desember 2018, 16:05 WIB

Malaysia Tuntut Goldman Sachs Bayar 7,5 Miliar Dolar Terkait 1MDB

Haris Fadhil - detikNews
Malaysia Tuntut Goldman Sachs Bayar 7,5 Miliar Dolar Terkait 1MDB Goldman Sachs (Foto: BBC World)
Kuala Lumpur - Menteri Keuangan Malaysia Lim Guan Eng menuntut agar Goldman Sachs membayar USD 7,5 miliar dalam reparasi atas hubungannya dengan dana negara 1MDB yang dilanda skandal. Tuntutan itu disebut menambah kesengsaraan dari salah satu raksasa Wall Street tersebut.

Dilansir dari AFP, Sabtu (22/12/2018), Goldman menghadapi sorotan yang semakin meningkat atas hubungannya dengan 1MDB karena bank membantu mengatur tiga masalah obligasi senilai USD 6,5 miliar untuk kendaraan investasi.


Malaysia minggu ini mengajukan tuntutan pidana terhadap bank dan dua mantan karyawannya. Mereka dituduh mengambil bagian dalam skema untuk mencuri uang dalam jumlah besar sambil mengumpulkan uang tunai dari pendanaan tersebut.

Lim Guan Eng mengatakan kepada Financial Times bahwa Goldman harus mengembalikan USD 6,5 miliar yang diangkat dalam penerbitan obligasi. Dia juga mengatakan perusahaan itu harus menambah pembayaran USD 1 miliar untuk menutupi biaya yang mereka peroleh ditambah pembayaran bunga obligasi.

"Kami tidak hanya melihat biaya (penerbitan) dan penerbitan (volume) saja. Kami mencari jumlah yang jauh lebih besar," kata Lim.

Goldman sendiri mengatakan bakal melawan tuduhan yang diajukan oleh Malaysia dan menyatakan para anggota pemerintah sebelumnya di Kuala Lumpur serta karyawan 1MDB berbohong kepada mereka. Goldman mencatat, sebagaimana dilaporkan Financial Times, sebagian besar uang yang dihimpun dalam masalah obligasi dicuri untuk kepentingan anggota pemerintah Malaysia dan rekan mereka.


Mantan bankir Goldman yang disebutkan dalam dakwaan Malaysia adalah Tim Leissner. Dia bekerja sebagai ketua Asia Tenggara, dan mantan direktur pelaksana Ng Chong Hwa. Ng muncul di hadapan pengadilan Kuala Lumpur pada hari Rabu dan mengaku tidak bersalah.

Dia juga telah didakwa di AS, dan pejabat Amerika mencari ekstradisinya. Sementara Leissner telah didakwa di AS dan dinyatakan bersalah.

Malaysia kini menuntut buronan pemodal, Low Taek Jho alias Jho Low, yang diduga dalang penipuan 1MDB, dengan dakwaan baru minggu ini. Dia mempertahankan kepolosannya.




Tonton juga ' Najib Razak Ditangkap KPK Malaysia Terkait Skandal 1MDB ':

[Gambas:Video 20detik]


(haf/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed