DetikNews
Kamis 06 Desember 2018, 23:31 WIB

Bush Senior Dimakamkan Setelah Penghormatan 4 Hari

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Bush Senior Dimakamkan Setelah Penghormatan 4 Hari Foto: Presiden AS Donald Trump memberikan penghormatan terakhir kepada George HW Bush di Gedung Capitol (Reuters).
Jakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) George H.W. Bush alias Bush senior akan dimakamkan setelah 4 hari masa penghormatan kepadanya. Setelah upacara pemakaman kenegaraan yang berlangsung pada Rabu (5/12), jenazah Bush senior diterbangkan ke Houston.

Dilansir AFP, Kamis (6/12/2018), di Houston jenazah Bush senior akan disemayamkan di Gereja Episkopal St Martin, tempat Bush melakukan peribadatan semasa hidupnya.

Presiden AS ke-41 itu akan makamkan di perpustakaan kepresidenannya di College Station, tepat di sebelah istrinya Barbara yang meninggal pada bulan April lalu, dan putri mereka Robin yang meninggal karena leukemia di usia 3 tahun.

Sebelumnya, pada upacara pemakaman kenegeraan di National Cathedral, Presiden Donald Trump bersama istrinya Melania Trump duduk di barisan bangku paling depan bersama dengan mantan Presiden AS lainnya, seperti Barack Obama, Bill Clinton, Jimmy Carter dan istri mereka.


Putra Bush senior yang juga mantan Presiden AS George W. Bush mengetuk peti ayahnya sebanyak dua kali ketika berjalan untuk menyampaikan pidato pujian. Dalam pidatonya, Bush tak tahan menahan air matanya saat menyampaikan pujian kepada ayahnya sebagai pendahulunya dan panglima tertinggi, yang meninggal pada usia 94 tahun.

"Dia menunjukkan kepada saya apa artinya menjadi presiden yang melayani dengan integritas, memimpin dengan keberanian, dan bertindak dengan cinta di dalam hatinya untuk warga negara kita," kata Bush dalam pidatonya.

"Dia lahir hanya dengan dua pengaturan - kecepatan penuh, lalu tidur. Bagi kami, dia adalah yang paling terang dari seribu titik cahaya," ujarnya.
(nvl/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed