detikNews
Senin 26 November 2018, 15:41 WIB

Lebih dari 600 Orang Luka-luka Akibat Gempa Magnitudo 6,3 di Iran

Novi Christiastuti - detikNews
Lebih dari 600 Orang Luka-luka Akibat Gempa Magnitudo 6,3 di Iran Ilustrasi (Dok. REUTERS/Leonhard Foeger/File Photo)
Teheran - Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,3 mengguncang wilayah Iran bagian barat, dekat perbatasan Irak. Lebih dari 600 orang dilaporkan mengalami luka-luka akibat gempa bumi ini.

Seperti dilansir Reuters, Senin (26/11/2018), sejauh ini belum ada laporan korban tewas akibat gempa bumi yang mengguncang pada Minggu (25/11) malam waktu setempat. Gempa ini dilaporkan terasa hingga ke tujuh provinsi di Iran.

Wilayah Kermanshah menjadi wilayah yang paling kuat merasakan getaran akibat gempa Iran ini. Tahun lalu, lebih dari 600 orang tewas dan ribuan orang lainnya luka-luka akibat gempa bumi kuat.

"Jumlah korban luka telah mencapai 646 orang ... Kebanyakan dari mereka tidak menjalani perawatan di rumah sakit karena mengalami luka ringan," sebut pejabat setempat seperti dikutip televisi-televisi lokal Iran.


Dalam pernyataannya, Kepala Komunitas Bulan Sabit Merah Iran, Mahmoud Mohammadi Nasab, menyatakan tidak ada korban tewas akibat gempa ini.

Tayangan televisi setempat menunjukkan sejumlah rumah di kota Sarpol-e Zahab rusak akibat gempa. Di kota tersebut, beberapa orang diketahui masih tak memiliki tempat tinggal setelah gempa bumi berkekuatan 7,3 Magnituo mengguncang tahun lalu.

Kantor berita Iran menyebut dua gempa susulan berkekuatan 5,2 Magnitudo dan 4,6 Magnitudo masih mengguncang kota Sarpol-e Zahab pada Senin (26/11) pagi waktu setempat. Banyak warga memilih tidur di jalanan di tengah cuaca dingin karena khawatir muncul gempa susulan.

Laporan menyebut gempa ini memicu tanah longsor di beberapa area, namun otoritas Iran menyatakan tim penyelamat berhasil mengakses seluruh kota dan desa setempat.


Diketahui bahwa Iran berada di atas patahan besar dan rawan gempa. Tahun 2003 lalu, gempa berkekuatan 6,6 Magnitudo mengguncang Provinsi Kerman hingga menewaskan 31 ribu orang.


(nvc/bag)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com