DetikNews
Selasa 20 November 2018, 16:20 WIB

Prancis Akan Jatuhkan Sanksi untuk Pelaku Pembunuhan Khashoggi

Novi Christiastuti - detikNews
Prancis Akan Jatuhkan Sanksi untuk Pelaku Pembunuhan Khashoggi Jamal Khashoggi (BBC World)
Paris - Otoritas Prancis akan menjatuhkan sanksi terhadap para individu yang diduga terkait pembunuhan wartawan Arab Saudi Jamal Khashoggi. Jenis sanksi yang dijatuhkan akan diputuskan dalam waktu dekat.

"Kami tengah mengupayakan secara saksama dengan Jerman pada saat ini ... dan kami akan memutuskan sendiri jumlah sanksi tertentu dengan sangat cepat atas apa yang kami ketahui (soal pembunuhan Khashoggi)," sebut Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian seperti dilansir Reuters, Selasa (20/11/2018).

Hal itu disampaikan Le Drian kepada radio Europe 1 saat ditanya apakah Prancis akan mengikuti langkah Jerman yang baru saja memberlakukan larangan masuk untuk 18 warga Saudi yang diduga terlibat kasus pembunuhan Khashoggi.

"Tapi kami yakin bahwa kami perlu melakukan di luar itu, karena kebenaran seluruhnya perlu diungkap," imbuh Le Drian.


Le Drian tidak menyebut lebih lanjut soal kapan, siapa atau bagaimana individu-individu itu akan dijatuhi sanksi. Namun dia menegaskan bahwa Prancis ingin agar semua fakta terkait kasus Khashoggi terungkap sebelum mengambil keputusan.

"Kami ingin semua kebenaran muncul dan hari ini hal itu belum terjadi. Ketika saya menyebut semua kebenaran, maksud saya situasinya, pihak-pihak yang bertanggung jawab perlu diberi hukuman dan begitu kami memutuskan sendiri soal isu itu maka kami akan menjatuhkan sanksi-sanksi yang dibutuhkan," ujar Le Drian.

Reaksi yang disampaikan Prancis terkait kasus Khashoggi tergolong berhati-hati. Prancis terlihat berupaya menjaga hubungannya dengan Saudi dan melindungi hubungan komersial di sektor energi, keuangan dan penjualan senjata.


Saat ditanya soal kesimpulan Badan Intelijen Pusat Amerika Serikat (CIA) yang menyebut Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) sebagai pemberi perintah pembunuhan Khashoggi, Le Drian menyatakan Prancis tidak berniat mencampuri urusan Saudi.

"Dia (MBS-red) mengambil inisiatif-inisiatif sangat kuat yang tidak diduga siapapun ... inisiatif sangat signifikan dan proyek modernisasi yang diapresiasi semua orang," ucap Le Drian soal sosok MBS.

"Apa yang kita lihat sekarang ini jauh lebih rumit dari itu, tapi kami tidak berniat campur tangan terhadap bagaimana cara otoritas Saudi menyelesaikan hal ini," tandasnya.



Tonton juga 'Putra Mahkota Saudi Janji Hukum Pembunuh Khashoggi':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed