DetikNews
Kamis 15 November 2018, 13:44 WIB

Usai Ditekan Melania, Trump Copot Wakil Penasihat Keamanan

Novi Christiastuti - detikNews
Usai Ditekan Melania, Trump Copot Wakil Penasihat Keamanan Mira Ricardel (REUTERS/Jonathan Ernst)
Washington DC - Wakil Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, Mira Ricardel, dicopot dari jabatannya oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Pencopotan dilakukan setelah Ibu Negara AS Melania menyebut Ricardel 'tidak pantas mendapat kehormatan untuk mengabdi di Gedung Putih'.

Melania sebelumnya dilaporkan menekan Trump untuk memecat Ricardel terkait penanganan kunjungan kenegaraannya ke Afrika beberapa waktu lalu. Sumber yang memahami persoalan ini menyebut Melania tidak senang dengan cara Ricardel memperlakukan dirinya.

Seperti dilansir Reuters dan CNN, Kamis (15/11/2018), pencopotan Ricardel ini diumumkan oleh juru bicara Gedung Putih, Sarah Sanders dalam pernyataannya pada Rabu (14/11) waktu setempat.

"Mira Ricardel akan terus mendukung presiden setelah meninggalkan Gedung Putih untuk berpindah pada posisi baru dalam pemerintahan," ujar Sanders, tanpa menyebut lebih lanjut posisi baru yang akan dipegang Ricardel.


Ricardel merupakan mantan pejabat Departemen Perdagangan AS yang dipilih langsung oleh Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih, John Bolton, sebagai wakilnya. Dua pejabat yang memahami isu ini menyebut Bolton berupaya mati-matian mempertahankan Ricardel, namun gagal.

Ketidaksenangan Melania pada Ricardel terungkap setelah kantor Ibu Negara AS mengambil langkah luar biasa dengan merilis pernyataan yang menyatakan Ricardel harus dipecat. Langkah luar biasa dengan merilis pernyataan ini tergolong jarang terjadi dalam sejarah AS.

Melania juga dilaporkan secara terang-terangan meminta Trump memecat Ricardel karena cara Ricardel menangani kunjungan ke Afrika dinilai 'tidak berjalan baik'. Salah satu sumber menyebut Melania merasa Ricardel berupaya memperlakukan dirinya dengan tidak adil terkait sumber daya pemerintah yang dialokasikan untuk menyokong kunjungannya ke Afrika. Tidak dijelaskan lebih lanjut maksud perlakuan tidak adil itu.

Sedangkan laporan AFP menyebut pertikaian Melania dan Ricardel berpusat seputar pengaturan tempat duduk dalam pesawat yang membawa Melania ke Afrika dalam kunjungan pada Oktober lalu. Ricardel juga dilaporkan sebagai sosok yang disalahkan atas berita-berita negatif soal Melania terkait kunjungan itu.


Dalam keterangan terpisah, sejumlah sumber yang memahami isu ini menyebut sosok Ricardel memang memiliki reputasi buruk di kalangan Gedung Putih karena sering mencaci-maki para staf.


Saksikan juga video 'Waduh! Rombongan Trump Dihadang Wanita Telanjang Dada di Paris':

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed