Pangeran Alwaleed: Putra Mahkota Akan 'Bersih' dari Kasus Khashoggi

Novi Christiastuti - detikNews
Senin, 05 Nov 2018 12:44 WIB
Pangeran Alwaleed bin Talal dalam foto pada Oktober 2018 di Riyadh (REUTERS/Faisal Al Nasser/File Photo)
Riyadh - Miliarder dan Pangeran Arab Saudi Alwaleed bin Talal ikut berkomentar soal pembunuhan wartawan Jamal Khashoggi. Disebutkan Pangeran Alwaleed bahwa penyelidikan resmi atas kasus Khashoggi akan membebaskan putra mahkota Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MBS) dari tuduhan.

Seperti dilansir Reuters, Senin (5/11/2018), klaim tersebut disampaikan Pangeran Alwaleed yang dikenal sebagai pengusaha internasional dari Saudi ini, dalam wawancara dengan program televisi Fox News 'Sunday Morning Futures' pada Minggu (4/11) waktu AS.

"Saya sekarang meminta Arab Saudi di depan umum, melalui program Anda (Fox News-red), agar penyelidikan diungkapkan ke publik sesegera mungkin," ucap Pangeran Alwaleed dalam wawancara tersebut.

"Saya meyakini bahwa putra mahkota Saudi akan 100 persen dibersihkan dan dibebaskan dari tuduhan," tegasnya.


Khashoggi (60) tewas dibunuh setelah masuk ke Konsulat Saudi di Istanbul, Turki, pada 2 Oktober lalu. Khashoggi merupakan jurnalis senior dan kolumnis The Washington Post yang dikenal kritis terhadap kebijakan pemerintah Saudi dan putra mahkotanya.

Jaksa Agung Saudi, Saud al-Mojeb, telah mengakui bahwa Khashoggi dibunuh dalam aksi yang telah direncanakan. Pengakuan itu mementahkan pernyataan otoritas Saudi sebelumnya yang menyebut Khashoggi tewas tidak disengaja dalam perkelahian di Konsulat Saudi.

Terlepas dari adanya pengakuan Saudi, keberadaan jenazah Khashoggi hingga kini masih misterius. Pertanyaan soal siapa pemberi perintah pembunuhan Khashoggi juga belum terjawab. Beberapa waktu lalu, para pejabat Turki dan sejumlah anggota parlemen AS menuduh MBS memerintahkan pembunuhan Khashoggi. Tuduhan itu telah dibantah Saudi.

Pangeran Alwaleed sendiri diketahui pernah ditahan bersama puluhan pangeran dan pengusaha Saudi lainnya dalam operasi pemberantasan korupsi yang dicetuskan MBS tahun lalu. Operasi tersebut dilakukan MBS untuk mengonsolidasikan kekuasaan dan mereformasi Saudi.


Dalam pernyataan pada Minggu (4/11) waktu setempat, Pangeran Alwaleed menyebut penahanan dirinya 'telah dimaafkan dan dilupakan'. Diketahui bahwa Pangeran Alwaleed yang sempat ditahan di Hotel Ritz Carlton Saudi ini bebas usai mencapai penyelesaian finansial dengan otoritas Saudi.

Pangeran Alwaleed mengaku setuju dengan pernyataan sekutu MBS yang menyebut operasi tahun lalu merupakan peperangan melawan korupsi. "Setelah insiden ini, banyak pihak yang ditahan memiliki proses pembersihan besar-besaran," sebutnya.


Saksikan juga video 'Hasil Penyelidikan Khashoggi Diklaim 'Loloskan' Putra Mahkota':

[Gambas:Video 20detik]


Pangeran Alwaleed: Putra Mahkota Akan 'Bersih' dari Kasus Khashoggi
(nvc/dhn)