DetikNews
Rabu 17 Oktober 2018, 11:38 WIB

Turki Akan Lakukan Segalanya Untuk Ungkap Hilangnya Khashoggi

Rita Uli Hutapea - detikNews
Turki Akan Lakukan Segalanya Untuk Ungkap Hilangnya Khashoggi Foto: dok. AFP
Ankara - Pemerintah Turki akan melakukan segalanya untuk mengungkap kasus hilangnya wartawan kawakan Arab Saudi, Jamal Khashoggi.

Penegasan itu disampaikan juru bicara partai berkuasa Turki, Justice and Development (AK), Omer Celik usai rapat dewan eksekutif pusat AK pada Selasa (16/10) waktu setempat.

"Turki akan melakukan segalanya untuk menyelesaikan kasus hilangnya jurnalis Saudi, Jamal Khashoggi dan membagikan hasilnya ke seluruh dunia," tutur Celik kepada para wartawan di Ankara seperti dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Rabu (17/10/2018).



Khashoggi (60) yang seorang wartawan dan kolumnis The Washington Post menghilang sejak masuk ke dalam Konsulat Saudi di Istanbul pada 2 Oktober lalu. Wartawan pengkritik kebijakan pemerintah Arab Saudi itu mendatangi Konsulat Saudi untuk mengurus surat-surat untuk keperluan rencana pernikahannya dengan tunangannya asal Turki, Hatice Cengiz.

Konsulat Saudi sebelumnya menyebut Khashoggi telah keluar dari gedung itu. Namun otoritas Turki dan tunangan Khashoggi menegaskan dia masih ada di dalam konsulat. Sumber-sumber pemerintahan Turki menyebut Khashoggi telah dibunuh di Konsulat Saudi. Bahkan kabarnya, jasad Khashoggi dimutilasi.


Ditanya wartawan mengenai kabar mutilasi itu, Celik mengatakan: "Kami akan memperjelas semua pertanyaan tetapi sekarang Kantor Kepala Penuntut Umum Istanbul bertanggung jawab atas penyelidikan dan mari kita tunggu bagaimana mereka menyelesaikan kasus ini."

Pemerintah Saudi telah membantah terlibat kasus hilangnya Khashoggi, namun belum memberikan penjelasan rinci mengenai nasib jurnalis tersebut.

Sebelumnya, para pejabat Turki mengatakan bahwa sebuah rekaman audio mengindikasikan Khashoggi tewas dibunuh di dalam gedung Konsulat Saudi. Bukti yang didapatkan otoritas Turki itu telah dibagi ke sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat dan Saudi sendiri.


Saksikan juga video 'Turki akan Geledah Rumah dan Mobil Staf Konsulat Saudi':

[Gambas:Video 20detik]


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed