DetikNews
Senin 13 Agustus 2018, 16:11 WIB

Dermaga di Spanyol Ambruk Saat Festival Musik, 266 Orang Luka-luka

Novi Christiastuti - detikNews
Dermaga di Spanyol Ambruk Saat Festival Musik, 266 Orang Luka-luka Situasi di lokasi usai dermaga ambruk (InfoEmerg/Twitter via metro.co.uk)
Madrid - Sedikitnya 266 orang mengalami luka-luka ketika sebuah dermaga kayu yang sedang dipakai untuk festival musik di Spanyol tiba-tiba ambruk. Dermaga yang ada di area seafront itu ambruk saat di atasnya sedang berkumpul banyak orang.

Seperti dilansir AFP dan Reuters, Senin (13/8/2018), bagian platform sepanjang 30 meter dan lebar 10 meter di dermaga itu sedang dipenuhi orang-orang yang menonton penyanyi rap dalam festival musik O Marisquino di kota Vigo saat insiden terjadi.

Dermaga itu ambruk sesaat sebelum Minggu (12/8) tengah malam waktu setempat. Bagian dermaga yang ambruk itu dipakai sebagai platform bagi para penonton.

"Penyebabnya masih belum diketahui," tutur Wali Kota Vigo, Abel Caballero, kepada wartawan di lokasi kejadian. "Semuanya mengindikasikan bahwa tidak ada yang terjebak di bawah (reruntuhan)," imbuhnya.


Sejumlah saksi mata menuturkan kepada media Spanyol bahwa orang-orang berjuang untuk menyelamatkan diri dari reruntuhan dermaga. Metro.co.uk melaporkan tim penyelam dikerahkan untuk memeriksa apakah ada korban yang jatuh ke laur.

Sejauh ini tidak ada laporan korban jiwa.

Namun disebutkan Menteri Kesehatan Kawasan Galicia, Jesus Vazquez Almuina, kepada radio setempat bahwa total 266 orang mengalami luka-luka dalam insiden ini. Lima orang di antaranya mengalami luka serius, seperti patah tulang sehingga harus dirawat di rumah sakit.

"Ini jumlah sementara, para pasien masih diperiksa. Untuk saat ini, 266 pasien sedang dirawat, dengan kebanyakan mengalami luka-luka ringan akibat memar. Ada lima orang yang dirawat di rumah sakit, utamanya karena patah tulang dan cedera di kepala," tuturnya.


Festival musik O Marisquino digelar selama dua hari di Vigo, kota berpenduduk 300 ribu orang. Saat insiden terjadi, artis rap setempat bernama Rels B sedang tampil.


(nvc/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed