DetikNews
Rabu 25 Juli 2018, 20:12 WIB

Fosil Gigi Susu Berusia 560 Ribu Tahun Ditemukan di Gua Prancis

Novi Christiastuti - detikNews
Fosil Gigi Susu Berusia 560 Ribu Tahun Ditemukan di Gua Prancis Lokasi temuan fosil gigi susu berusia 560 ribu tahun. Tahun 2015, fosil serupa ditemukan di lokasi yang sama. (AFP/THOMAS OLIVA)
Paris - Para arkeolog asal Prancis dan Spanyol menemukan fosil gigi susu milik seorang anak yang berasal dari 560 ribu tahun lalu. Tim arkeolog menyebut temuan fosil gigi susu di pegunungan Prancis bagian selatan ini sebagai 'fosil luar biasa'.

Seperti dilansir AFP, Rabu (25/2018), fosil gigi susu ini ditemukan di Arago Cave pada Senin (23/7) malam waktu setempat. Arago cave merupakan sebuah grotto (gua buatan) prasejarah yang luas di Tautavel, sisi Prancis pada Pegunungan Pyrenees yang berbatasan dengan Spanyol.

Laboratorium yang ada di lokasi temuan mengonfirmasi bahwa gigi susu itu merupakan milik sub-spesies manusia, kemungkinan besar homo heidelbergensis, yang memiliki fitur yang sama dengan manusia modern juga nenek moyang kita, homo erectus.

"Gigi ini kemungkinan milik seorang anak berusia 5 atau 6 tahun, yang masih memiliki gigi susu tapi menggunakannya dengan tidak berlebihan," sebut Tony Chevalier, pakar palaeantropologi dari University of Perpignan dan pakar pada pusat penelitian di Tautavel.


Fosil gigi itu diperkirakan berusia 560 ribu tahun, atau mungkin sedikit lebih tua atau lebih muda 5 ribu tahun. Dengan demikian, fosil gigi itu berusia 100 ribu tahun lebih tua dari fosil tengkorak Tautavel Man yang terkenal, yang ditemukan di lokasi yang sama tahun 1971 silam.

Tim peneliti menyatakan temuan ini 'luar biasa' karena kerangka manusia yang berasal periode itu sangatlah langka, meskipun sejumlah kecil fosil gigi dari era yang sama pernah ditemukan sebelumnya di Arago Cave.

Dituturkan Chevalier bahwa gigi susu pertama yang ditemukan di lokasi ini akan 'mengajari kita banyak hal soal perilaku manusia' pada era itu.

Para peneliti telah sejak lama bergulat dengan pertanyaan soal bagaimana manusia purba hidup di dalam gua di Tautavel, yang menjadi lokasi temuan 150 fosil manusia purba.


Mereka belum bisa menentukan apakah gua di Tautavel ini hanya menjadi tempat berteduh sementara saat manusia purba istirahat dari berburu, atau pernah menjadi rumah permanen keluarga manusia purba. Misteri itu diharapkan bisa mulai terpecahkan dengan temuan fosil gigi susu ini.



Tonton juga video: 'Wow! Fosil Dinosaurus Laku Dilelang Hingga Rp 20 M'

[Gambas:Video 20detik]


(nvc/nkn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed