DetikNews
Senin 11 Juni 2018, 16:18 WIB

Jelang KTT Trump-Kim, Pejabat AS-Korut Bertemu Selesaikan Perbedaan

Novi Christiastuti - detikNews
Jelang KTT Trump-Kim, Pejabat AS-Korut Bertemu Selesaikan Perbedaan Pertemuan bersejarah Trump dan Kim Jong-Un akan digelar di Capella Hotel, Sentosa Island, Singapura pada 12 Juni besok (REUTERS/Kim Kyung-hoon)
FOKUS BERITA: Pertemuan Trump-Jong Un
Singapura - Pejabat Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara (Korut) saling bertemu untuk menyelesaikan perbedaan soal cara mengakhiri kebuntuan nuklir di Semenanjung Korea. Hal ini digelar menjelang pertemuan bersejarah Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korut Kim Jong-Un.

Trump sendiri masih memandang positif rencana pertemuannya dengan Kim Jong-Un yang akan digelar Selasa (12/6) pagi.

Seperti dilansir Reuters, Senin (11/6/2018), para pejabat kedua negara menggelar pembicaraan selama dua jam pada Senin (11/6) untuk mendorong maju agenda denuklirisasi sebelum pertemuan bersejarah Trump-Kim digelar.


Dalam pernyataannya, Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo menyebut pertemuan itu berlangsung 'substantif dan terperinci', namun belum ada pernyataan soal hasilnya.

Secara terpisah, Trump memberi komentar bernada positif soal rencana pertemuan bersejarah itu. Komentar ini dilontarkan Trump saat bertemu dan menghadiri makan siang bersama Perdana Menteri (PM) Lee Hsien Loong.

"Kita akan menggelar pertemuan yang sangat menarik besok, dan saya berpikir ini akan berhasil dengan sengat baik," ucapnya.


Kepada PM Lee, Trump menyatakan: "Kami mengapresiasi jamuan dan profesionalisme dan persahabatan... Anda teman saya."

Baik Trump maupun Kim Jong-Un telah tiba di Singapura sejak Minggu (10/6) waktu setempat. Keduanya menginap di hotel terpisah yang sama-sama ada di kawasan Orchard Road. Pertemuan keduanya yang akan digelar di Capella Hotel, Pulau Sentosa, Singapura merupakan yang pertama kali dalam sejarah, antara kepala negara AS dan Korut.

Dituturkan seorang pejabat pemerintahan Trump yang enggan disebut namanya, pihak AS akan menghadiri pertemuan bersejarah itu dengan optimisme dan skeptisisme yang sama besar, merujuk pada sejarah panjang Korut dalam mengembangkan senjata nuklir.

"Kami tidak akan terkejut oleh adanya skenario apapun," sebut pejabat AS itu.


Menurut pejabat AS ini, Trump dan Kim Jong-Un awalnya akan menggelar pertemuan one-on-one pada Selasa (12/6) besok, yang bisa berlangsung hingga 2 jam. Pejabat ini menyebutnya sebagai pertemuan 'saling mengenal' antara Trump dan Kim Jong-Un. Kemudian dilanjutkan dengan pertemuan yang juga diikuti para pejabat pemerintahan selama sekitar 1 jam.


(nvc/ita)
FOKUS BERITA: Pertemuan Trump-Jong Un
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed