DetikNews
Rabu 24 Januari 2018, 10:55 WIB

Selundupkan Emas Rp 644 Juta, Kru Singapore Airlines Ditangkap

Novi Christiastuti - detikNews
Selundupkan Emas Rp 644 Juta, Kru Singapore Airlines Ditangkap Ilustrasi (REUTERS/Edgar Su/File Photo)
New Delhi - Seorang pramugara maskapai Singapore Airlines ditangkap di sebuah bandara di India. Penyebabnya, pramugara ini kedapatan menyelundupkan emas senilai 3,1 juta rupee atau setara Rp 644 juta.

Dilaporkan media lokal India, Indian Express, seperti dilansir Channel News Asia, Rabu (24/1/2018), pramugara yang tidak disebut namanya ini, ditangkap di Bandara Internasional Indira Gandhi pada Senin (22/1) waktu setempat.

Petugas bea cukai India menemukan emas seberat 1,05 kilogram senilai 3,1 juta rupee setelah menggeledah si pramugara. "Dia ditangkap dan emas disita sesuai Undang-undang Bea Cukai," terang komisioner bea cukai setempat, Anubha Singh.

Hasil penyelidikan otoritas setempat mengungkapkan bahwa si pramugara itu berniat menyerahkan emas yang 'diselundupkannya' ke seorang agen di sebuah hotel ternama di New Delhi. Menurut penyidik senior ini, emas berbentuk rantai dan gelang itu dipakai si pramugara bersama seragamnya.

"Dia akan mendapatkan US$ 500 (Rp 6,5 juta) untuk (emas) ini," ujar seorang penyidik senior India yang enggan disebut namanya.

Indian Express menyebut, pramugara ini telah melakukan hal serupa pada 8 Januari tapi tidak ketahuan.

Dalam pernyataan terpisah kepada Channel News Asia, juru bicara Singapore Airlines membenarkan ada satu awak kabinnya dalam penerbangan SQ402 yang ditahan otoritas Bea Cukai India di New Delhi pada Senin (22/1) waktu setempat.

"Singapore Airlines akan memberikan kerja sama penuh dengan otoritas yang menyelidiki. Kami tidak bisa memberikan rincian soal awak kabin bersangkutan karena alasan kerahasiaan," demikian pernyataan Singapore Airlines.

Ditambahkan Singapore Airlines, tindakan disiplin akan diberikan kepada awak kabin bersangkutan, usai penyelidikan selesai dilakukan.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed