DetikNews
Kamis 11 Januari 2018, 15:57 WIB

Gempa 5,5 SR Guncang Perbatasan Iran-Irak, Warga Baghdad Panik

Novi Christiastuti - detikNews
Gempa 5,5 SR Guncang Perbatasan Iran-Irak, Warga Baghdad Panik Ilustrasi
Teheran - Sebuah gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala Richter (SR) mengguncang wilayah perbatasan Iran dan Irak. Getaran gempa ini terasa hingga ke Baghdad, Irak dan memicu kepanikan warga setempat.

Dilaporkan televisi nasional Iran seperti dilansir Reuters, Kamis (11/1/2018), gempa ini mengguncang wilayah Provinsi Kermanshah, Irak pada Kamis (11/1) pagi sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

"Gempa mengguncang kota Sumar yang berlokasi di antara Provinsi Ilam dan Provinsi Kermanshah. Sejauh ini, tidak ada laporan korban tewas atau korban luka," tutur pejabat lokal Iran.

Provinsi Kermanshah sebelumnya diguncang gempa besar pada November 2017 yang menewaskan 620 orang. Tim penyelamat telah dikerahkan ke lokasi gempa.

Gempa susulan masih terus dirasakan di wilayah Irak bagian tengah, bahkan hingga satu jam setelah gempa pertama. Warga setempat berlarian keluar gedung saat gempa susulan melanda.

Televisi nasional Irak menyatakan belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa ini. Getaran gempa dirasakan hingga ke ibu kota Baghdad juga Provinsi Wasit dan Diyala. Layanan internet dan aliran listrik tidak terganggu akibat gempa ini.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) mencatat gempa yang mengguncang perbatasan Iran-Irak ini berkekuatan 5,5 SR.


(nvc/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed