Iran Diguncang Gempa Bumi 6,2 SR

Iran Diguncang Gempa Bumi 6,2 SR

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 12 Des 2017 17:05 WIB
Ilustrasi (detikcom/Zainal Abidin)
Ilustrasi (detikcom/Zainal Abidin)
Teheran - Gempa bumi berkekuatan 6,2 Skala Richter (SR) mengguncang Provinsi Kerman, Iran bagian tenggara. Belum ada laporan kerusakan maupun korban jiwa akibat gempa ini.

Seperti dilansir Reuters dan AFP, Selasa (12/12/2017), gempa ini mengguncang kota Hojdak pada Selasa (12/12) siang sekitar pukul 12.13 waktu setempat.

"Tim penyelamat yang dikerahkan ke lokasi, belum melaporkan adanya korban jiwa atau kerusakan," demikian pernyataan Kepala Operasi Penyelamatan Bulan Sabit Merah Iran kepada televisi lokal IRINN.

Pusat Seismologi Iran mendeteksi gempa ini berkekuatan 6,2 SR. Sedangkan Survei Geologi AS (USGS) mencatat gempa ini berkekuatan 6,1 SR dan berpusat di kedalaman 57 kilometer dari permukaan Bumi.


Wilayah Iran membentang di atas sejumlah patahan Bumi. Gempa pada Selasa (12/12) waktu setempat ini melanda kurang dari sehari setelah gempa bumi lain berkekuatan 6 SR yang mengguncang Provinsi Kermanshah pada Senin (11/12) waktu setempat.

Lokasi gempa pada Senin (11/12) kemarin sama dengan lokasi gempa dahsyat 7,3 SR pada November lalu yang menewaskan 620 orang.

Presiden Iran Hassan Rouhani menyoroti upaya pemerintah dalam menyalurkan bantuan dan membangun permukiman sementara untuk para korban gempa bulan lalu. Namun pihak oposisi menyebut respons pemerintah Iran tergolong lamban.

(nvc/rna)