DetikNews
Selasa 12 Desember 2017, 12:02 WIB

Balas Serangan Roket, Israel Kerahkan Tank dan Pesawat Gempur Gaza

Novi Christiastuti - detikNews
Balas Serangan Roket, Israel Kerahkan Tank dan Pesawat Gempur Gaza Aksi warga Palestina di Tepi Barat memprotes keputusan Trump soal Yerusalem (REUTERS/Mohamad Torokman)
Tel Aviv - Militer Israel kembali melancarkan serangan udara terhadap target Hamas di Jalur Gaza. Serangan ini merupakan balasan atas rentetan roket yang kembali ditembakkan dari Gaza dan diarahkan ke wilayah Israel bagian selatan, awal pekan ini.

Disampaikan militer Israel, seperti dilansir AFP, Selasa (12/12/2017), bahwa setidaknya dua roket ditembakkan dari wilayah Gaza pada Senin (11/12) waktu setempat. Militer Israel menyebut roket kedua berhasil dicegat oleh sistem pertahanan rudal Iron Dome miliknya.

Setelah roket pertama ditembakkan dari Gaza, militer Israel langsung mengumumkan pihaknya melancarkan serangan balasan.

"Sebuah tank dan Angkatan Udara Israel menargetkan pos militer Hamas di Jalur Gaza bagian selatan," demikian pernyataan militer Israel.


Ditambahkan militer Israel, bahwa setelah roket kedua dicegat, tank dan jet tempur Israel kembali melancarkan serangan ke target-target pos militer Hamas di Jalur Gaza bagian utara.

Belum ada laporan soal korban luka di Gaza akibat serangan balasan Israel ini.

Serangan roket pada Senin (11/12) merupakan yang pertama sejak serangan roket terakhir pada Jumat (8/12) malam pekan lalu. Serangan roket dari Gaza pada pekan lalu juga memicu serangan balasan dari Israel yang menewaskan dua warga Palestina yang juga anggota sayap militer Hamas.

Militer Israel berulang kali menegaskan bahwa Hamas akan selalu bertanggung jawab untuk semua serangan yang diluncurkan dari Jalur Gaza yang dikuasai kelompok itu.


Rentetan serangan roket dari Gaza ke Israel ini marak setelah Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel pada Rabu (6/12) lalu. Keputusan Trump itu menuai protes dan kecaman global, termasuk rangkaian unjuk rasa di Palestina.


(nvc/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed