DetikNews
Jumat 13 Oktober 2017, 10:58 WIB

Ada Gempa Bumi di Dekat Lokasi Uji Coba Nuklir Korut

Rita Uli Hutapea - detikNews
Ada Gempa Bumi di Dekat Lokasi Uji Coba Nuklir Korut penampakan lokasi peluncuran nuklir Korut (Foto: Planet)
Seoul - Gempa bumi dangkal terjadi di dekat lokasi uji coba nuklir Korea Utara (Korut). Gempa berkekuatan 2,9 Skala Richter (SR) tersebut terjadi pada Jumat dini hari waktu setempat.

Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan, gempa tersebut terjadi pada pukul 01.41 waktu setempat dengan kedalaman sekitar lima kilometer. Pusat gempa berada di sebelah utara lokasi uji coba nuklir Punggye-Ri.

"Peristiwa ini terjadi di daerah uji coba nuklir Korea Utara yang sebelumnya. Peristiwa ini memiliki karakteristik seperti gempa, namun kami saat ini tak bisa mengkonfirmasi secara yakin sifat peristiwa ini (alami atau buatan manusia)," demikian disampaikan USGS seperti dilansir kantor berita AFP, Jumat (13/10/2017).

Namun Badan Meteorologi Korea Selatan menyatakan bahwa analisisnya menunjukkan gempa tersebut merupakan gempa alami. "Itu diyakini tidak menimbulkan kerusakan," demikian disampaikan.

Gempa ini terjadi tiga pekan setelah gempa 3,5 SR mengguncang dekat wilayah yang sama. Para pakar gempa menyebut getaran gempa pada 23 September tersebut kemungkinan adalah gempa susulan usai uji coba nuklir Korut yang keenam kalinya. Uji coba nuklir terbesar Korut pada 3 September itu memicu gempa 6,3 SR yang dirasakan hingga ke perbatasan di China dan memicu kecaman global.


(ita/ita)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed