DetikNews
Selasa 26 September 2017, 15:52 WIB

Korut Sebut Trump Sudah Nyatakan Perang, Gedung Putih: Itu Absurd

Rita Uli Hutapea - detikNews
Korut Sebut Trump Sudah Nyatakan Perang, Gedung Putih: Itu Absurd Donald Trump (Foto: REUTERS/Brendan McDermid)
Washington - Pemerintah Korea Utara (Korut) mengklaim bahwa Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah menyatakan perang terhadap negeri komunis itu. Gedung Putih membantah dan menyebut klaim Korut tersebut absurd.

Berbicara kepada para wartawan usai menghadiri sidang Majelis Umum PBB di New York, Menteri Luar Negeri Korut Ri Yong-ho menanggapi kicauan Trump di akun Twitter-nya akhir pekan lalu, yang menyebut bahwa kepemimpinan Korut tak akan bertahan lebih lama jika terus mengancam AS dan sekutunya. Ri mengatakan, komunitas internasional telah berharap agar "kata-kata perang" tak akan menjadi aksi-aksi nyata.

"Namun, akhir pekan lalu, Trump mengklaim kepemimpinan kami tak akan bertahan lebih lama. Dia menyatakan perang pada negara kami," cetus Ri.

Namun Gedung Putih menyebut pernyataan Ri tersebut absurd.

"Kami tidak menyatakan perang terhadap Korea Utara dan terus terang, anggapan itu absurd," kata juru bicara Gedung Putih Sarah Huckabee Sanders.

Kekhawatiran akan program nuklir dan rudal balistik Pyongyang telah mendominasi sidang Majelis Umum PBB tahun ini. Kekhawatiran meningkat setelah pada Sabtu (23/9), pesawat-pesawat pengebom AS diterbangkan di atas wilayah udara internasional dekat pesisir timur Korut.

Ri pun mengeluarkan ancaman terkait pesawat-pesawat pengebom AS tersebut. "Sejak Amerika Serikat mengumumkan perang terhadap negara kami, kami punya hak untuk mengambil tindakan balasan, termasuk hak untuk menembak jatuh pesawat-pesawat pengebom strategis AS, bahkan ketika mereka belum berada di wilayah udara perbatasan negara kami," tegas Ri.

"Pertanyaan tentang siapa yang tak akan bertahan lebih lama, akan terjawab kemudian," imbuhnya.


(ita/ita)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed