DetikNews
Rabu 20 September 2017, 03:15 WIB

Meksiko Diguncang Gempa Dahsyat 7,1 SR, Banyak Bangunan Hancur

Bisma Alief - detikNews
Meksiko Diguncang Gempa Dahsyat 7,1 SR, Banyak Bangunan Hancur Foto: Dok. Reuters
Mexico City - Gempa berkekuatan 7,1 skala richter (SR) menguncang Meksiko. Akibat gempa dahsyat tersebut sejumlah bangunan dikabarkan hancur dan membuat banyak orang terperangkap dalam bangunan yang hancur.

Dilansir AFP dan Reuters, Badan Geologi Amerika Serikat (USGS) menyebut pusat gempa terletak 5 mil (8 km) sebelah tenggara Atencingo di negara bagian Puebla pada kedalaman 32 mil (51 km). Namun belum diketahui apakah gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami atau tidak.





Salah satu televisi Meksiko menggambarkan banyaknya mobil yang hancur karena terkena puing-puing bangunan yang hancur karena gempa. Warga pun berlarian ke jalanan untuk menyelamatkan diri. Selain itu, saluran listrik dan telepon juga mati karena gempa.

"Kami keluar sangat cepat, meninggalkan semuanya seperti sekarang dan baru saja pergi," kata salah satu warga, Rosaura Suarez.

Sementara warga lain bernama Georgina Sanchez mengatakan dirinya sangat khawatir dan tak bisa berhenti menangis. Sebab dirinya masih terbayang gempa dahsyat yang pernah mengguncang Meksiko pada tahun 1985 lalu.

"Saya sangat khawatir, saya tidak bisa berhenti menangis, ini adalah mimpi buruk yang sama seperti pada tahun 1985," kata Georgina.

Presiden Enrique Pena sendiri saat gempa terjadi sedang dalam penerbangan ke Oaxaca. Melalui akun Twitter miliknya dia mengatakan akan segera kembali untuk menghadapi gempa di Meksiko City.

Gempa tersebut terjadi beberapa jam setelah warga berpartisipasi dalam latihan gempa di seluruh negeri pada peringatan gempa dahsyat yang menewaskan ribuan orang pada tahun 1985.

Selain itu, Meksiko juga baru saja diguncang gempa berkekuatan 8,1 SR pada 7 September lalu. Akibat kejadian tersebut, 98 orang dikabarkan tewas.


(bis/dkp)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed