DetikNews
Minggu 04 Juni 2017, 05:01 WIB

Malaysia Tawarkan USD 1.000 untuk Iklan Cegah Homoseksual

Rina Atriana - detikNews
Malaysia Tawarkan USD 1.000 untuk Iklan Cegah Homoseksual Foto: Ilustrasi oleh Mindra Purnomo
Kuala Lumpur - Pemerintah Malaysia mengadakan sayembara dengan hadiah USD 1.000 (sekitar Rp 13,3 juta) untuk video iklan mencegah homoseksualitas terbaik. Sayembara ini diumumkan oleh Kementerian Kesehatan Malaysia melalui website resminya.

Dilansir dari AFP, Minggu (4/6/2017), aktivis di Malaysia pada Sabtu (3/6) waktu setempat menilai sayembara ini akan menyebabkan ketakutan di kalangan komunitas LGBT.

Peserta sayembara diminta mengirimkan video mengenai cara menangani beragam permasalahan homoseksual. Video harus memuat bagaimana mencegah, mengontrol, menolong, dan juga tentang apa konsekuensi dari seorang homoseks.

Pemenang berhak mendapatkan hadiah antara 1.000 sampai 4.000 ringgit (USD 235-940). Sayembara akan ditutup pada Agustus 2017 mendatang.

Tema dari sayembara ini sendiri adalah 'Nilai Dirimu, Praktek Gaya Hidup Sehat'.

"Setiap karya akan dinilai berdasarkan orisinalitas, konten, konsep dan kreativitas dan kualitas produksi oleh dewan juri yang telah ditunjuk oleh panitia," tulis pengumuman dalam website.

"Kenyataan mereka (pemerintah) yang menganggap LGBT masuk ke dalam kategori 'kebingungan gender' menunjukkan bahwa pihak berwenang sangat membingungkan diri mereka sendiri," ujar aktivis LGBT lokal yang cukup terkenal, Pang Khee Teik kepada AFP.

"Ini seakan sebuah pemikiran bahwa badan pemerintah ingin seluruh negeri mengalami kebingungan yang sama," jelasnya.

Selain video mencegah homoseksualitas, peserta juga diperbolehkan untuk membuat video mengenai seks dan internet.

Wakil Dirjen Kesehatan Malaysia, Lokman Hakim Sulaiman menegaskan sayembara tak ada maksud untuk mendiskreditkan kelompok tertentu. "Semata-mata untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan dan kreativitas remaja mengenai hal-hal terkait kesehatan seksual dan reproduksi," jelasnya.


(rna/rna)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed