Polisi Cari Koper Biru Milik Pengebom Konser Ariana Grande

Novi Christiastuti - detikNews
Selasa, 30 Mei 2017 14:13 WIB
Foto: Twitter/@gmpolice
London - Kepolisian Inggris tengah memburu sebuah koper berwarna biru yang diduga milik Salman Abedi, pengebom bunuh diri di konser Ariana Grande. Polisi meyakini koper biru itu memegang petunjuk penting untuk melacak jaringan teror Abedi.

Ledakan bom bunuh diri di Manchester Arena, tempat digelarnya konser Ariana Grande pada 22 Mei lalu menewaskan sedikitnya 22 orang, termasuk anak-anak. Abedi (22) diyakini tewas seketika di lokasi kejadian usai meledakkan diri sesaat setelah konser berakhir.

Namun kepolisian Inggris meyakini Abedi tidak bertindak seorang diri, melainkan ada jaringan teror di belakangnya. Setidaknya 16 orang telah ditangkap polisi di berbagai lokasi, terkait ledakan di Manchester ini.

Baca juga: 16 Orang Ditahan Terkait Bom Bunuh Diri di Konser Ariana Grande

Dilaporkan media Inggris, The Sun, seperti dilansir news.com.au, Selasa (30/5/2017), kepolisian Inggris kini sedang mencari sebuah koper biru yang diketahui sempat dibawa Abedi sekitar beberapa hari sebelum mendalangi serangan teror keji di Manchester.

Kepolisian setempat mendapatkan rekaman CCTV yang menunjukkan Abedi menyeret tas koper warna biru itu di jalanan Wilmslow, yang berjarak 17 kilometer dari Manchester. Foto Abedi saat membawa koper biru itu telah dirilis Kepolisian Manchester melalui akun Twitter-nya.

"Kami merilis foto Abedi sedang membawa koper biru dan sebuah foto replika koper itu. Kami tahu dia sempat mendatangi area Wilmslow Road dan juga terlihat di pusat kota Manchester dengan koper biru itu," demikian pernyataan Kepolisian Manchester.

Baca juga: Salman Abedi Menelepon Adiknya di Libya Sebelum Meledakkan Diri

"Apakah Anda pernah melihat Abedi dengan koper ini antara tanggal 18 hingga 22 Mei 2017? Ke mana saja Anda melihatnya dengan koper itu dalam kurun waktu tersebut?" demikian disampaikan Kepolisian Manchester dalam pernyataannya.

"Jika Anda memiliki rincian soal koper ini, kami membutuhkan Anda untuk melapor dan memberitahu kami. Kami meyakini Abedi membawa koper ini beberapa hari sebelum serangan di Manchester Arena pada Senin, 22 Mei," demikian disampaikan kepolisian.

Baca juga: Pengebom Bunuh Diri di Konser Ariana Grande Pernah Dilatih ISIS

Para penyidik Inggris dilaporkan menyisir tempat pembuangan sampah di Bury, Manchester untuk mencari keberadaan tas koper itu. Polisi mengimbau publik untuk menjauh, jika mendapati koper biru yang sedang dicari polisi itu.

"Saya ingin menekankan bahwa ini benda berbeda dengan yang digunakan dalam serangan. Foto ini diambil dari rekaman CCTV di pusat kota pada 22 Mei. Kami tidak meyakini koper dan isinya berisi benda berbahaya, namun meminta warga untuk berhati-hati," imbau kepolisian. (nvc/ita)