DetikNews
2017/04/21 18:37:21 WIB

Rentetan Serangan Teror di Prancis Sejak 2015

Novi Christiastuti - detikNews
Halaman 3 dari 4
Rentetan Serangan Teror di Prancis Sejak 2015 Situasi di lokasi penembakan di Champs Elysees, Paris (Benjamin Cremel/AFP)

- Tahun 2016 -

7 Januari: Seorang pria bersenjatakan pisau daging dan membawa lambang ISIS, ditembak mati saat akan menyerang salah satu kantor polisi di Paris. Otoritas Prancis mengidentifikasi pelaku sebagai Sallah Ali yang lahir di Maroko dan pernah terjerat kasus pencurian tahun 2013.

13 Juni: Larossi Abballa (25) membunuh seorang polisi bernama Jean-Baptiste Salvaing (42) dan kekasihnya Jessica Schneider (36) di rumah mereka di Magnanville, Paris bagian barat. Salvaing ditikam hingga tewas sedangkan Schneider digorok lehernya. Abballa akhirnya tewas di tangan tim SWAT kepolisian setempat. Sebelum tewas, dia mengklaim via media sosial bahwa pembunuhan itu atas nama ISIS.

14 Juli: Sebuah truk besar menabrak kerumunan orang di Promenade des Anglais, Nice, sesaat setelah pertunjukan kembang api dalam rangka Bastille Day. Sedikitnya 84 orang tewas dan lebih dari 330 orang luka-luka dalam serangan teror ini. Pelaku yang bernama Mohamed Lahouiej Bouhlel (31) akhirnya ditembak mati otoritas Prancis. ISIS mengklaim bertanggung jawab atas serangan truk ini.

26 Juli: Seorang pastur di Saint-Etienne-du-Rouvray, Normandy, tewas dibunuh para penyerang di dalam gereja. Sang pastur yang sudah lanjut usia itu digorok lehernya, setelah para pelaku melakukan penyanderaan di dalam gereja.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed